Selasa, 19 Juni 2018
Nana Sukmana Kusumah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang.*

BPBD Cari Penyebab Banjir SMPN 1 Ciruas

SERANG, (KB).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mencari penyebab banjir SMPN I Ciruas. Hal itu dilakukan untuk mencari solusi penanganan banjir di sekolah tersebut. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusumah mengatakan, pada Selasa (6/3/2018) tim BPBD yang terdiri atas bidang rekonstruksi dan rehabilitasi (RR) bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), mendatangi sekolah tersebut.

Berdasarkan survey yang dilakukan pihaknya menemukan beberapa kesimpulan penting. Nana mengatakan, SMP N 1 Ciruas letaknya berada di dataran rendah dibandingkan jalan rayanya. Sementara di sekolah tersebut tidak ada saluran pembuangan air yang sebelumnya ada. Saluran airnya mengalami penyempitan akibat adanya pembangunan pondasi kantor samsat Kabupaten Serang yang telah melebihi batas sepadan irigasi. “Seharusnya tiga meter dari irigasi,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, disekitar sekolah itu tepatnya didepan semula ada saluran irigasi. Namun saat ini salurannya menjadi tidak ada atau tertutup. “Pihak sekolah sudah membuat tendon penampungan air berupa kolam air untuk menampung air yang akan dibuang,” katanya. Namun, Nana melanjutkan, karena tidak adanya saluran pembuangan, maka air yang masuk tidak bisa dikeluarkan dan malah berbalik menggenangi lingkungan sekolah.

Selanjutnya, pihak sekolah dan desa sudah membuat laporan terkait kondisinya kepada dinas terkait. “Dalam hal ini Disdikbud, Dinas Lingkungan Hidup dan Samsat untuk bisa ditindak lanjuti secara bersama-sama,” katanya. Selain itu, kata Nana, pihak sekolah juga sudah meminta alkon atau alat penyedot air yang berkapasitas besar untuk dapat di standbye kan di sekolah. Hal ini diperlukan agar saat hujan deras berlangsung secara terus menerus bisa dipergunakan alat itu untuk mengurangi debit air. “Jadi bisa dipakai kapanpun,” ucapnya. (DN)***


Sekilas Info

Tim Favoritnya Gagal Lolos ke Piala Dunia, Wagub Banten Alihkan Dukungan untuk Brasil

SERANG, (KB).- Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy kecewa berat tim kesayangannya, Italia, gagal tampil di Piala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *