BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem

SERANG, (KB).- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Serang memprediksi potensi cuaca ekstrem di Banten masih akan terjadi hingga Sabtu (4/1/2020) mendatang. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang Tarjono mengatakan, terdapat indikasi peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan.

Kondisi tersebut, dipicu oleh adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal, yaitu aktifnya Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia.

Selain itu, ucap dia, terbentuknya pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah, suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat, sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan serta diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia.

“Potensi hujan lebat sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang bagian Selatan dan Barat, Kabupaten Tangerang bagian Utara dan Timur dan Kota Tangerang Selatan,” katanya, Rabu (1/1/2020).

Selanjutnya, potensi thunderstorm (badai lokal disertai kilat dan listrik) diprediksi terjadi di wilayah Kabupaten Lebak bagian Timur dan Selatan, Kabupaten Pandeglang bagian Selatan dan Barat, Kabupaten Tangerang bagian Utara dan Timur, serta Kota Tangerang Selatan.

Sementara itu, potensi gelombang tinggi (2.50-4.0 meter) diprediksi terjadi di wilayah Perairan Selatan Banten dan Samudera Hindia Selatan Banten. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here