BLU UIN Banten-BPJS Kesehatan Sosialisasikan Manfaat Jaminan Kesehatan

Relationship officer atau Unit Pemasaran BPJS Kesehatan KCU Kota Serang, Dhora Putri Jane Sihombing (kiri) saat menyampaikan sosialisasi manfaat BPJS Kesehatan di Aula Rektorat UIN SMH Banten, Kamis (9/5/2019).

SERANG, (KB).- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten melakukan sosialisasi manfaat jaminan kesehatan di Aula Rektorat lantai III UIN SMH Banten, Kamis (9/5/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Relationship officer atau Unit Pemasaran BPJS Kesehatan KCU Kota Serang, Dhora Putri Jane Sihombing sebagai narasumber dan dimoderasi oleh Edi Humaedi dari Badan Layanan Umum (BLU) UIN SMH Banten serta diikuti puluhan staf dan pegawai UIN SMH Banten.

Sebagai institusi pendidikan yang taat pada peraturan dan hukum yang berlaku, UIN SMH Banten menjajaki keikutsertaan pegawainya dalam keanggotaan BPJS kesehatan. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang menyatakan bahwa keanggotaan BPJS bersifat wajib. Warga negara yang tidak mengikuti BPJS dan pemberi kerja yang tidak mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Relationship officer atau Unit Pemasaran BPJS Kesehatan KCU Kota Serang, Dhora Putri Jane Sihombing menyampaikan bahwa setiap karyawan perusahaan termasuk perserta Pekerja Penerima Upah (PPU) Badan Usaha Swasta, dikenai tarif BPJS Kesehatansebesar 5 persen dari upah per bulan, dengan ketentuan 4 persen dibayar oleh perusahaan, dan 1 persen dibayar karyawan melalui pemotongan gaji.

“Iuran itu dibayarkan setara dengan premi untuk lima orang anggota keluarga (karyawan, suami/istri, dan tiga anak). Jika tanggungan lebih dari empat orang, misalnya orangtua atau mertua, karyawan wajib membayar 1 persen iuran tambahan per orang,” jelasnya.

Ia mengatakan, BPJS adalah milik bersama penduduk Indonesia sehingga masukkan yang diberikan dari penggunanya sendiri akan membawa BPJS berbenah ke arah yang lebih baik. “Harapannya, agar pegawai BLU UIN Banten dapat didaftarkan oleh lembaga kampus UIN sebagai peserta BPJS Kesehatan,” ujar Dhora.

Acara yang diinisiasi oleh Biro Kepegawaian UIN SMH Banten ini berlangsung interaktif. Berdasarkan pantauan, peserta sosialisasi mengajukan berbagai pertanyaan terkait dengan teknis penjaminan kesehatan yang dijalankan oleh BPJS. Selain pertanyaan, masukkan untuk BPJS Kesehatan juga banyak diberikan oleh peserta, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan UIN SMH Banten. (Azzam/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here