Senin, 18 Februari 2019

Blangko KTP-El Disdukcapil Kabupaten Lebak Kosong

LEBAK, (KB).- Sedikitnya 974 warga Lebak yang telah mendaftar untuk membuat kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) terpaksa masuk daftar antre perekaman. Kondisi tersebut disebabkan persediaan blangko kartu tersebut kosong di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Sementara Disdukcapil akan mengajukan permohonan blangko ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) awal Januari tahun ini.

Kepala Disdukcapil Lebak, Ujang Bahrudin yang ditemui di ruang kerjanya membenarkan hingga Rabu (2/1/2019) blangko KTP-el masih kosong, sehingga mengakibatkan ratusan warga dari berbagai desa di Lebak hanya masuk daftar antre perekaman KTP hingga sampai Kemendagri memberikan blangko.

“Karena tidak ada blangko, sebanyak 974 orang tersebut kami berikan surat keterangan (suket) yang mungkin dibutuhkan untuk keperluan ke bank atau lembaga lain yang harus menggunakan persyaratan KTP,” kata Kepala Disdukcapil Lebak, Ujang Bahrudin.

Meski terjadi kekosongan blangko KTP, namun untuk pelayanan surat kependudukan lainnya seperti pembuatan kartu keluarga dan akta kelahiran yang dimohon masyarakat tetap berjalan normal.

“Setiap hari masyarakat yang akan membuat kartu keluarga maupun akta kelahiran tetap kami layani cepat tanpa harus menunggu berhari-hari,” ujarnya.

Hal hampir senada dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan dan Kependudukan Disdukcapil Lebak, Ahmad Nur. Menurut dia, Disdukcapil akan secepatnya mengajukan permohonan blangko kepada Kemendagri, karena khawatir jumlah warga yang akan masuk data daftar antre perekaman semakin bertambah.

”Mudah-mudahan minggu depan blangko yang kami minta bisa segera direalisasikan oleh Kemendagri,” ujar Ahmad Nur.

Sementara itu, salah seorang warga Rangkasbitung, Diro mengakui ada kekosongan blangko KTP di Lebak. Meski demikian, dia memahami karena blangko tersebut kewenangan dari pemerintah pusat.

“Saya berharap mudah-mudahan pemerintah pusat yakni Kemendagri segera merealisasikan permohonan blangko yang telah diusulkan oleh Disdukcapil Lebak,” tuturnya. (Lugay/TS)*


Sekilas Info

Penerima Kompensasi Lahan SUTT Resah

LEBAK, (KB).- Sejumlah warga penerima kompensasi lahan jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *