Blangko KTP & Akta Kelahiran di Disdukcapil Lebak Kosong

LEBAK, (KB).- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lebak mengaku kesulitan melayani masyarakat yang hendak membuat kartu tanda penduduk (KTP) dan akta kelahiran.

Alasannya, selama dua pekan ini blangko KTP dan akta kelahiran sudah habis alias kosong. Kepala Disdukcapil Lebak Ujang Bahrudin mengakui, sejak dua pekan ini blangko KTP dan akta kelahiran kosong.

Hal itu mengakibatkan permohonan pembuatan KTP dan akta kelahiran menjadi terganggu, dan hingga kini ribuan pengajuan warga menumpuk.

“Memang sekarang kita sedang mengambil blangko KTP ke Kemendagri di Jakarta. Tapi sekalipun ada, tiap pengajuan cuma di jatah sebanyak seribu blangko saja. Jika jumlahnya segitu, maka dalam satu hari aja bisa langsung habis,” ucap Ujang di ruang kerjanya, Rabu (22/5/2019).

Bahkan, kata Ujang, untuk blangko akta kelahiran sudah berbulan-bulan tidak ada. Untuk pengadaannya sendiri memang disiapkan melalui Pemkab oleh pihak ketiga, dan sekarang ini sedang proses lelang. “Ketika ada pengiriman akta ya kita bayar,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau warga masyarakat yang mengajukan pembuatan KTP dan akta kelahiran di Kabupaten Lebak untuk bersabar, menunggu ketersediaan blangko. “Mudah-mudahan secepatnya bisa normal lagi, sehingga pelayanan kepada wargapun tidak terhambat,” tuturnya. (Lugay/PG)*

2 KOMENTAR

  1. Saya rasa kejadian seperti ini Sering terjadi, menurut saya seharusnya hal seperti ini harus dihindari Karena masalah pengurusan E-ktp dan akta kelahiran sangat penting. Semoga pengurusan administrasi bisa diperbaiki Karena mengingat ini sangat penting untuk keperluan masyarakat Dan untuk membiasakan masyarakat khusunya di kampung-kampung peduli akan pengurusan administrasi Karena mereka Masih acuh Dalam hal ini, Sering ditemukan masyarakat Yang tidak memiliki Ktp Dan Akta.
    Mari bekerja dengan HATI. Lebak Maju. Aamiin

  2. Apakah di provinsi lain juga mengalami kendala yg sama ? Bagaimana mau jadi provinsi yg maju klo mengurus data kependudukan saja masih molor… Karena jika tertunda terus…maka permintaan e KTP makin lama akan semakin menumpuk…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here