BKKBN Sosialisasikan Program KKBPK di Kota Tangerang

TANGERANG, (KB).- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Sosialisasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama Mitra tahun 2019 bertajuk “Generasi Berencana (Genre) Menuju Generasi Emas Tahun 2045”, di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Rabu (10/4/2019). Hadir pada acara tersebut anggota komisi IX DPR RI Marinus Gea.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana M.Si menjelaskan bahwa BKKBN mempunyai mitra yaitu DPR, dalam hal ini Komisi IX. Tiga fungsi DPR dalam program KKBPK yaitu Pertama membuat undang-undang, yaitu undang-undang nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga.

Kemudian yang kedua sebagai penyelenggara, dalam hal ini diamanatkan kepada pemerintah untuk menyelenggarakan dan mengelola program KKBPK. Dan fungsi yang ketiga adalah pengawasan, DPR melakukan pengawasan program terhadap pelaksanaan program KKBPK yang diselenggarakan BKKBN, ujarnya.

Ia mengatakan, BKKBN diberi amanat oleh Undang-undang untuk meyelenggarakan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK). Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui program generasi berencana (Genre) menuju generasi emas di tahun 2045.

“Generasi emas itu adalah generasi yang memiliki perencanaan, generasi yang memiliki pemikiran ke depan, generasi yang memiliki pertahanan, generasi yang punya semangat juang yang tinggi,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa melahirkan merupakan perjuangan antara hidup dan mati seorang ibu. Dengan program KB, pihaknya mengajak masyarakat untuk memahami hal tersebut.

“Terlalu banyak melahirkan akan memunculkan resiko terhadap terjadinya kematian ibu dan anak yang dilahirkan. Dengan program KB tujuannya agar tidak terlalu banyak anak yang dilahirkan. Program KB tidak berarti membatasi kehamilan, akan tetapi mengatur jarak kehamilan. KB juga diarahkan untuk membangun ketahanan keluarga,” ujar Aan. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here