BKKBN Siap Bangkitkan dan Gelorakan Saka Kencana

Saka Kencana BKKBN

JAKARTA, (KB).- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) siap membangkitkan dan mengelorakan Satuan Karya Keluarga Berencana (Saka Kencana) untuk mencapai tujuan Pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Hal tersebut dikatakan Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), pada kegiatan pertemuan ‘Revitalisasi dan Akselerasi Saka Kencana’, di Ruang Serbaguna BKKBN, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Andalan Nasional Komisi Saka, Sako dan Gugus Dharma Pramuka, Ledyanita, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Anis Ilahi Wahdati, Majelis Pembimbing Saka Kencana Daerah, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi se-Indonesia, Para Pejabat Tinggi Madya BKKBN, Para Pejabat Tinggi Pratama BKKBN.

Hasto mengatakan, untuk mencapai tujuan program KKBPK, pihaknya menggandeng dan bekerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya Gerakan Pramuka. “Sebagai lembaga pendidikan non formal yang tujuan utamanya untuk membentuk karakter kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan, serta meningkatkan keterampilan generasi muda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Gerakan Pramuka sangat baik dalam pembentukan ‘human character building’ (pembentukan karakter manusia) yang terbukti mampu menciptakan insan yang mandiri dan bertanggung jawab. Selain itu, Gerakan Pramuka juga mencakup seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang tertuang dalam Dasar Dharma Pramuka,” ujar Hasto dalam siaran pers BKKBN, Senin (9/9/2019).

Menurut Hasto, berbagai isu kependudukan menjadi tantangan dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia, di antaranya jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, tingginya arus imigrasi, besarnya jumlah penduduk usia muda dan tantangan menyiapkan penduduk usia muda agar menjadi sumber daya yang produktif dan berguna bagi bangsa dan peradaban umat manusia serta menyiapkan penduduk usia lanjut agar menjadi orang tua yang sehat dan sejahtera.

Untuk kepentingan bangsa dan negara pada masa depan, berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi tersebut, harus segera dapat ditanggulangi. Disinilah menjadi penting peranan Gerakan Pramuka. “Pramuka membangun akhlak anak bangsa yang baik, berbudi pekerti, berpikir positif, tangguh, percaya diri tetapi tidak takabur, disiplin, inovatif dan rukun serta memiliki kesetiakawanan,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada tiga pilar utama menuju bangsa yang maju yang berkaitan langsung dengan gerakan pramuka salah satunya membangun peradaban yang mulia. “Satu hal yang penting dalam membangun peradaban bangsa yang mulia adalah membangun karakter. Pembangunan karakter itu bisa dilakukan di dalam gerakan pramuka dengan┬álatihan dan keterampilan yang dimiliki. Betapa pentingnya gerakan pramuka, apalagi di era digital seperti sekarang ini,” ujar Hasto.

Hasto mengungkapkan bahwa selama beberapa tahun belakangan ini, aktivitas Saka Kencana yang dilakukan baik di Tingkat Nasional maupun Provinsi mengalami penurunan baik secara kuantitas maupun kualitas. Melalui pertemuan ini kita harus sama-sama membangkitkan dan menggelorakan kembali aktivitas-aktivitas Saka Kencana di seluruh pelosok negeri.

“Mulai saat ini kita harus melakukan Revitalisasi dan Akselerasi Saka Kencana sejalan dengan kebijakan Kwartir Nasional untuk mengarahkan agar para anggota Saka Kencana siap bersaing di masa depan dengan menciptakan materi dan syarat-syarat kecakapan khusus yang mampu memberikan bekal dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan keahlian adik-adik Saka Kencana,” ujar Hasto.

Sementara itu, Andalan Nasional Komisi Saka, Sako dan Gugus Dharma Pramuka, Ledyanita menyambut baik dan merasa bahagia atas dukungan kepada Gerakan Pramuka. “Berbicara tentang Revitalisasi dan Akselerasi merupakan dua konsep di antaranya untuk percepatan, dimana SDM unggul Indonesia maju. Kemudian, spirit untuk memajukan Saka didapatkan melalui pembinaan Pramuka serta ingin menguatkan tentang bagaimana hasil dan keterampilan yang menjadi masa depan mereka,” ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here