BKKBN dan Pemkab Tangerang Canangkan 19 Kampung KB

Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang, Tri Hesti Yulianti Zaki Iskandar memukul gong didampingi Asda I Pemkab Tangerang, Herry Haryanto, Direktur Advokasi dan KIE BKKBN, Sugiono, serta Kepala BKKBN Banten, Aan Jumhana Mulyana pada acara Pencanangan 19 Kampung KB Desa Tertinggal di Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Kamis (1/11/2018).*

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mencanangkan 19 Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Kamis (1/11/2018). Pencanangan tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas hidup melalui pembangunan kependudukan dan keluarga.

Pencanangan 19 Kampung KB Desa Tertinggal dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan yang dipadukan dengan pembinaan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Daerah (PPKBD) dan program Komunikasi Informasi Edukasi(KIE) Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Hadir dalam acara pencanangan Kepala BKKBN Banten, Aan Jumhana Mulyana, Asda I Pemkab Tangerang, Herry Haryanto selaku perwakilan dari Bupati Tangerang, Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang Tri Hesti Yulianti Zaki Iskandar, dan Direktur Advokasi dan KIE BKKBN Sugiono.

Pencanangan program Kampung KB Desa Tertinggal ini dalam rangka menyukseskan program Nawacita ke-3 dan ke-5 yakni “Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan Memperkuat Daerah-daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan”, dan “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia melalui Pembangunan Kependudukan, Keluarga”.

“Kegiatan ini merupakan integrasi dalam rangka penguatan advokasi dan KIE dari kekuatan program KKBPK dan ini merupakan komitmen dari pemerintah daerah dalam mendukung kesejahteraan masyarakat,” kata Direktur Advokasi dan KIE BKKBN Sugiono saat memberikan sambutan.

Ia mengatakan, terpilihnya Desa Pangkat menjadi salah satu desa KB teladan dari 19 Kampung KB di Provinsi Banten bukan tanpa alasan. Desa Pangkat terpilih, kata dia, karena sangat aktif dalam menjalankan program KKBPK.

“Desa Pangkat ini salah satu Kampung KB yang akan menjadi pelopor Kampung KB dan menjadi salah satu kampung teladan, juga sebagai Kampung KB Percontohan untuk di wilayah Kabupaten Tangerang Banten,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Sugiono juga akan mencoba untuk mengangkat secara nasional dengan cara menyebarluaskan di beberapa media konvensional, baik media lokal hingga media nasional. “Tujuannya adalah, agar seluruh desa di Indonesia khususnya Banten bisa meniru Desa Pangkat untuk menjadi Kampung KB,” katanya.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang Tri Hesti Yulianti Zaki Iskandar menyampaikan, jika tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan TP PKK dengan masyarakat, baik pemerintah daerah maupun swasta, serta dalam dunia usaha.

“Sasaran dari kegiatan ini ada dua, yakni sasaran langsung yang meliputi Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan sasaran tidak langsung, yakni kepada keluarga rumah tangga, pasangan usia subur dan para petugas atau kader di wilayah jangkauan kecamatan atau desa di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan cakupan pelayanan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga berencana dan kesehatan sebagaimana yang tertuang dalam pencapaian RPJMD Kabupaten Tangerang.

“Dari Kampung KB ini, pemerintah daerah dapat mengurai masalah mulai dari bawah. Dan semoga tidak hanya terbentuk, tetapi Kampung KB ini dapat bermanfaat dan dijalankan serta aktif sebagaimana mestinya,” kata Tri Hesti Yulianti Zaki Iskandar.

Pencanangan 19 Kampung KB tersebut di antaranya Desa Pasir Gadung Kecamatan Cikupa, Desa Gunung Kaler, Desa Jambe, Desa Mekarsari, Desa Cikande, Desa Dang Deur, Desa Talok, Desa Pagedangan Udik, Desa Blukbuk, Desa Pasir, Desa Cirumpak, Desa Sasak, Desa Pagedangan, Desa Pondok Jaya, Desa Wana Kerta, Desa Munjul, Desa Solear, Desa Tanjung Burung, dan Des Lemon.

Tidak hanya itu, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang Tri Hesti Yulianti Zaki Iskandar, sebagai tanda pencanangan. Dan selanjutnya pembagian hadiah kepada tiga desa terbaik Kampung KB di Kabupaten Tangerang.

Juara I Kampung KB “Waru” terbaik tingkat Provinsi Banten tahun 2018, dan Juara II didapatkan oleh “Kadu Lambur”, yang ketiga didapatkan oleh Kabupaten Lebak. Masing-masing pemenang mendapat piagam penghargaan sekaligus hadiah total Rp 55 juta dalam bentuk barang dan meubelair. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here