BKKBN Banten Gelar Sosialisasi Program KKBPK Berbasis Komunitas

SERANG, (KB).- Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten menggelar sosialisasi Advokasi dan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) berbasis komunitas, Selasa (23/4/2019), di hotel Mahadria Kota Serang.

Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah komunitas yang ada di provinsi Banten yang terkait dengan penyiaran yaitu komunitas radio komunikasi, PRSSNI, JRKB, RAPI dan sejumlah organisasi yang aktif dalam kegiatan sosial di masyarakat diantaranya Aisyiyah, Perkumpulan Anti Narkoba (Perank), Forum Genre, Komunitas Pajero Indonesia, Paguyuban Kaka Teteh Pandeglang, dan Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana M.Si dalam sambutannya mengatakan, BKKBN sebagai lembaga yang mempunyai tugas dan fungsi dalam hal pengendalian penduduk dan keluarga berencana berupaya untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan pembangunan keluarga sesuai dengan amanat undang-undang no. 52 tahun 2009.

“Dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan peningkatan kualitas keluarga  tidak bisa dilakukan BKKBN semata, tapi diperlukan adanya kerja sama dari berbagai pihak baik stakeholder, mitra kerja bahkan komunitas yang ada di masyarakat,” ujarnya.  

Ia mengatakan, komunitas sebagai sarana individu dalam melakukan berbagai macam kegiatan kemasyarakatan bisa berintegrasi dalam program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga misalnya penyuluhan ataupun pelayanan KB bagi masyarakat.

“BKKBN melihat komunitas sebagai wadah potensial dalam memberikan Program KKBPK karena kegiatan yang ada di setiap komunitas bisa dijadikan peluang dalam menyebarkan informasi dan pengetahuan seputar program KKBPK kepada masyarakat,” ujar Aan.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, pihaknya berharap komunitas dapat menjadi perpanjangan tangan dalam melaksanakan program KKBPK. Selain itu, pihaknya juga berharap jejaring kemitraan dalam pelaksanaan program KKBPK melalui komunitas yang ada di Provinsi Banten dapat berkembang, ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here