BKD Pandeglang Agendakan Sensus Pegawai

PANDEGLANG, (KB).- Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pandeglang akan mengagendakan program sensus pegawai diseluruh organisasi perangkat daerah (OPD). Upaya tersebut dipandang penting untuk memastikan jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja disetiap OPD.

”Program sensus ini pembiayaannya masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017. Pelaksanaannya akan dimulai November 2017,” kata Kepala BKD setempat, Ali Fahmi Sumanta kepada Kabar Banten, Rabu (18/10/2017).

Menurut dia, melalui program sensus ini pihaknya ingin menguji antara bukti fisik di lapangan dengan data yang ada di BKD. Ia mencontohkan, di salah satu OPD data yang dimiliki BKD sebanyak 20 ASN. Maka, untuk membuktikannya akan dikroscek langsung ke OPD tempat bekerja ASN sesuai data yang ada.

Langkah ini dilakukan untuk menghindari terjadinya ketidaksesuaian antara data tertulis dan bukti fisik di lapangan. ”Dengan begitu, akan diketahui benar tidaknya jumlah ASN atau pegawai yang bekerja di OPD bersangkutan. Jangan sampai data pegawai yang dilaporkan OPD ke BKD tidak sesuai, atau ternyata orangnya yang tercatat di data base tidak ada,” tuturnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang saat ini dimiliki BKD, jumlah ASN yang bekerja di seluruh OPD lingkungan Pemkab Pandeglang sebanyak 11.299 orang. Data tersebut didapat dari hasil rekap secara manual yang diterima dari setiap OPD. Sehingga, melalui sensus ini diharapkan antara data yang ada akurat dan mutakhir.

Sensus ini merupakan bagian dari salah satu rekomendasi yang diberikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan pendataan dan memvalidasi data pegawai ASN yang ada di Pemkab Pandeglang. Ia menambahkan, setelah melakukan sensus, pihaknya akan menggunakan sebuah aplikasi atau software yang bisa memudahkan pihak BKD dalam melihat siapa yang berhak naik pangkat, pensiun dan lainnya. Penggunaan aplikasi itu akan mulai dilaksanakan tahun 2018. (PG)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here