Bisa Dikendalikan di 2020, Arus Mudik di Pelabuhan Merak Ramai Lancar

Kendaraan pemudik menunggu giliran untuk memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Jumat (31/5/2019), sekitar pukul 23.30 WIB.*

CILEGON, (KB).- Arus mudik 2019 di Pelabuhan Merak pada Jumat (31/5/2019) sekitar pukul 23.30 WIB masih terbilang ramai lancar. Belum ada kemacetan parah yang membuat kendaraan harus antre berjam-jam lamanya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah berupaya keras untuk mengendalikan arus mudik 2019. Mengingat prediksi kemacetan akan cukup parah. Namun kondisi ini akan berbeda di 2020. Kemenhub optimis lebaran tahun depan, arus mudik lebih mudah untuk dikendalikan.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Banten Nurhadi mengatakan, peran Tol Trans Sumatera akan sangat membantu kelancaran arus mudik 2020. Dimana tahun depan, seluruh infrastruktur tol telah lengkap.

“2020 nanti kan infrastruktur tol Trans Sumatera telah lengkap. Tol dapat digunakan selama 24 jam, ini akan membantu kami dalam mengendalikan jumlah pemudik yang akan melakukan penyeberangan,” katanya saat ditemui di Pelabuhan Merak, Jumat (31/5/2019).

Menurut Nurhadi, para pemudik setelah sampai di Lampung, akan merasa lebih nyaman untuk melakukan perjalanan di malam hari. Mengingat mereka dapat melakukan perjalanan melalui tol.

“Sebelum ada tol, pemudik takut melakukan perjalanan lintas Sumatera di malam hari. Karena sepanjang jalan mayoritas hutan, potensi kejahatan cukup tinggi. Beda dengan melakukan perjalanan via tol, itu sangat aman. Sehingga tidak apa melakukan perjalanan di malam hari,” ujarnya.

Berbeda dengan arus mudik 2019, banyak faktor yang meyakinkan Kemenhub akan terjadi kemacetan parah. Selain dari Tol Trans Sumatera belum sempurna berfungsi kenaikan tarif pesawat membuat jalur darat semakin padat.

“Ditambah lagi, Tol Trans Sumatera kan sedang gratis. Sementara sejumlah ruas tol hanya buka di siang hari. Makanya pemudik berbondong-bondong menyeberang di malam hari, agar bisa masuk Tol Trans Sumatera di siang hari,” tuturnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here