Bidan PTT tak Bisa Ajukan Pindah

LEBAK, (KB).- Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di atas 35 tahun yang diangkat menjadi calon aparatur sipil negara (CASN) tak bisa mengajukan pindah kerja. Pengajuan pindah baru bisa dilakukan setelah CASN mengabdi selama 10 tahun.

Kepala Bidang Pembinaan dan Data Informasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Lebak Fuad Lutfi mengatakan, berdasarkan aturan Bidang PTT di atas 35 yang diangkat CASN tidak boleh mengajukan pindah kerja sebelum mereka mengabdi selama 10 tahun.

“Termasuk bidan PTT yang baru diangkat CASN. Jika belum mengabdi 10 tahun, mereka belum bisa mengajukan pindah tempat kerja. Kinerja mereka juga dipantau oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan),” ujarnya, Selasa (9/4/2019).

Ia mengatakan, BKPP Lebak saat ini telah mengusulkan Nomor Induk Pegawai (NIP) Bidan PTT di atas 35 tahun yang baru saja mengikuti pemberkasan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Menurutnya, ke 15 bidan PTT sebelumnya gagal lulus CASN, karena terbentur usia yang melebihi batas aturan.

Namun, Keputusan presiden (Kepres) Nomor: 25 tahun 2018 tentang jabatan dokter gigi, dokter, dan bidan sebagai jabatan tertentu dengan batas usia pelamar paling tinggi 40 tahun.

”Hari ini kita usulkan, kalau prosesnya lancar seharusnya NIP nya juga cepat dirilis,” kata Fuad.

Ia menjelaskan, 15 bidan PTT ini terhitung mulai tanggal atau TMT pada 1 Mei 2019, dan baru akan mendapatkan pembayaran sebagai ASN pada bulan Juni 2019.

”TMT-nya 1 Mei 2019. Kalau gaji sebagai CASN satu bulan setelah terima SK. Ya sekitar bulan Juni mereka menerima gaji CASN,” tuturnya.

Pihaknya berharap, setelah diangkat menjadi CASN kinerja bidan PTT bisa semakin baik dan meningkat, bukan malah semakin merosot. (Lugay/PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here