Rabu, 16 Januari 2019

Biaya Pelunasan Ibadah Haji Diprediksi Maret 2019

SERANG, (KB).- Biaya pelunasan ibadah haji (BPIH) rencananya akan dibuka Maret 2019. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Deni Rusli, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/1/2019).

“Penetapan tersebut harusnya pada bulan Desember. Kemungkinan besar Maret. Kami masih menunggu keputusan Presiden. Nanti akan ada ketetapan resmi dari Kemenag,” kata Deni kepada Kabar Banten.

Menurut dia, sama dengan tahun 2018, kuota calon jemaah haji di Provinsi Banten tidak ada perubahaan yakni 9.420 calon jemaah. Tidak ada perubahan yang signifikan pada perjalanan ibadah haji tahun ini.

“Calhaj yang akan berangkat itu dari tahun 2011. Masyarakat bisa bersiap-siap untuk BPIH dan terus ikut perkembangannya melalui web Kemenag ataupun aplikasi Kemenag pintar,” ujarnya.

Ia belum mengetahui secara pasti besaran pelunasan. Sebab, biaya tersebut akan berkaitan dengan nilai tukar rupiah.

“Nilai rupiah masih fluktuatif. Tahun lalu biaya haji sekitar Rp 35 juta, bisa saja biayanya akan naik. Kenaikan tersebut belum pasti,” ucapnya.

Ia mengatakan, ada peningkatan untuk memberikan kenyamanan untuk para calhaj tahun ini. Mulai dari pemondokan selama di Tanah Suci, katering dan transportasi yang akan dipakai oleh calhaj.

“Diperkirakan untuk penempatan jemaah akan memakai zonasi. Nanti akan ditempatkan satu blok tidak terpisah seperti tahun sebelumnya. Memakai sistem zonasi tersebut akan lebih memudahkan untuk mengecek calon jemaah haji,” tuturnya. (DE/YA)*


Sekilas Info

FSPP Tangsel Gelar Diskusi RUU Pesantren

TANGERANG, (KB).- Forum Silaturrahim Pondok Pesantren (FSPP) Kota Tangerang Selatan dan Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *