Besok, Pesona Ramadan Banten Digelar di Pendopo Kab. Serang

SERANG, (KB). –  Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Banten  bekerja sama dengan  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar “Pesona Ramadan Banten 1440 Hijriah” di Halaman Pendopo Bupati Serang, Jumat-Sabtu (24-25/5/2019).

Selain dalam upaya memeriahkan bulan suci Ramadan 1440 Hijriah, kegiatan tersebut ditujukan sebagai wahana untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif dan pariwisata di Banten.

Ketua DPD ASPERAPI Banten Deden Sunandar menjelaskan kegiatan tersebut didukung pula Kementerian Pariwisata, Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, Bank Indonesia (BI) Banten, serta sejumlah lembaga amil zakat yang resmi di Banten.

Menurut Deden, pada event “Pesona Ramadan Banten 1440 Hijriah” ini akan ditampilkan sejumlah kegiatan. Di antaranya pameran dan penjualan cinderamata, produk kuliner, fesyen khas Banten, demo masak besar garang asem, serta aksi bersama lintas lembaga amil zakat se-Banten.

Selain itu aka nada sejumlah perlombaan seperti lomba cipta menu olahan bebek, lomba melukis drum kecil, lomba fesyen batik/tenun khas Banten, lomba marawis dan berbagai hiburan seperti penampilan band religi, nasyid, dan musik tradisional.

Bupati Serang  Ratu Tatu Chasanah mengajak kepada masyarakat di Serang dan sekitarnya untuk beramai-ramai menghadiri acara Pesona Ramadan ini. Menurut dia, kegiatan ini merupakan persembahan untuk masyarakat Kabupaten Serang khususnya, dan Banten pada umumnya.

“Selain berbagai lomba dan acara, selama kegiatan akan digelar buka puasa bersama dan pembagian takjil gratis,” katanya..

Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati mengharapkan Pesona Ramadan ini bisa menjadi peluang bagi kota dan kabupaten di Banten untuk menampilkan dan mempromosikan produk ekonomi kreatifnya secara optimal.

Selain itu, masing-masing daerah  bisa mempromosikan agenda pariwisata, kegiatan atau event, ciri khas produk daerah (kuliner, fesyen, dan cinderamata), serta destinasi wisata.

Menurut Eneng, dalam  Pesona Ramadan kali ini, tidak hanya ditampilkan produk unggulan kreatif, melainkan juga beragam potensi wisata yang ada di delapan kabupaten dan kota.  

“Kami berharap, ajang Pesona Ramadan ini bisa menjadi kegiatan promosi pariwisata secara menyeluruh di setiap wilayah di Indonesia, termasuk di Banten,” katanya.

Eneng menjelaskan semua telah mengetahui Banten memiliki banyak destinasi wisata, seperti wisata bahari, ekowisata, wisata minat khusus, wisata industri dan yang lainnya. Banten memiliki tujuh wonders yang menjadi perekat atau magnet bagi wisatawan.

“Dengan Branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia, Banten akan ikut mewujudkan program Kemenpar itu untuk mengeksplorasi kekayaan wisata Indonesia agar Indonesia bisa menjadi destinasi terbaik di dunia,” ujarnya.

Sementara itu, BI Banten yang ikut serta sebagai sponsor dan berpartisipasi dalam kegiatan ini akan membuka pelayanan penukaran uang untuk lebaran. (TM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here