Berpotensi Tsunami, Gempa 7,4 SR Guncang Banten

SERANG, (KB).- Gempa 7,4 SR melanda Provinsi Banten, Jumat (2/8/2019) sekitar pukul 19.03 WIB, titik gempa berada pada 7.54 LS, 04.58 BT, di kedalaman 10 Km, dan 147 km Barat Daya Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Berdasarkan informasi, masyarakat Provinsi Banten yang merasakan getaran gempa langsung berlarian keluar rumah menyelamatkan diri bahkan ada yang mengungsi. Selain itu, gempa tersebut juga dirasakan di DKI Jakarta hingga Jawa Barat.

BMKG merilis, gempa yang terjadi berpotensi tsunami dengan peringatan dini diantaranya untuk wilayah Pandeglang Bagian Selatan dengan status ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter). Pandeglang Pulau Panaitan dengan status ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter). Lampung-Barat Pesisir-Selatan dengan status ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter). Pandeglang Bagian Utara dengan status ancaman WASPADA (ketinggian maksimal 0,5 meter). Lebak dengan status ancaman WASPADA (ketinggian maksimal 0,5 meter).

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah dengan status “SIAGA” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi. Kepada masyarakat di wilayah dengan status “WASPADA” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here