Minggu, 19 Agustus 2018

Berburu Uang Receh untuk Lebaran

MEMBERIKAN sedekah uang persenan (angpau) untuk kerabat, teman dan tetangga seakan sudah menjadi tradisi saat lebaran. Sehingga, kebutuhan uang kartal atau receh mendekati lebaran seperti sekarang ini cukup tinggi, karena masyarakat banyak memburu uang receh tersebut.

Untuk memenuhi tingginya kebutuhan uang kartal, pihak Bank Indonesia (BI) memproyeksikan uang kartal sebanyak Rp 1,8 triliun selama Ramadan hingga menjelang hari raya Idulfitri. Pihak BI bekerja sama dengan sejumlah perbankan yang ada di Kota Serang membuka layanan penukaran uang pecahan kecil baru di Alun-alun Barat Kota Serang.

Menurut salah seorang pegawai bank milik daerah di Kota Serang, uang yang paling banyak ditukar adalah uang dengan pecahan Rp 5.000 dan Rp 10.000. Sedangkan untuk pecahan Rp 20.000 dan Rp 2.000 tidak terlalu banyak.

Ridho (26) seorang pegawai asal Kota Serang mengaku sengaja menukarkan uang baru pecahan kecil untuk dibagikan kepada kerabatnya saat lebaran nanti.”Buat uang persenan nanti lebaran, kan udah jadi tradisi setiap lebaran ngasih angpau di amplop kecil warna warni buat anak-anak kecil sama keponakan,” ujarnya.

Namun masyarakat juga harus tetap berhati-hati dan waspada dalam melakukan transaksi penukaran uang pecahan kecil. Usahakan untuk menukarnya di bank atau tempat yang sudah ditunjuk oleh BI. Karena biasanya ada saja oknum yang berbuat nakal dengan mengurangi atau melebihkan uang yang ditukar dengan alasan sebagai pengganti ongkos jasa. (Rizki Putri)*


Sekilas Info

Koperasi se-Banten Sepakat Bentuk IKABI

SERANG, (KB).- Sejumlah pengurus koperasi tingkat Provinsi Banten sepakat membentuk wadah organisasi Ikatan Koperasi Binaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *