Minggu, 18 November 2018

Berburu Spot Selfi Rumah Hobit di Kampung Wisata Karodangan

BAGI anda penggemar karakter Hobit dalam film The Lord of The Ring, ada baiknya datang ke Kampung Wisata Karodangan, Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Destinasi wisata yang diresmikan Pemkot Serang 18 Agustus 2016 silam sebagai kampung wisata ini, menawarkan sensasi spot selfi yang cukup unik,
salah satunya replika rumah hobit.

Anda yang datang ke kampung wisata dikembangkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini, pastinya akan merasakan atmosfer yang cukup berbeda ketika memasuki kawasan ini. Taman yang luasnya kurang lebih sebesar lapangan futsal disulap menjadi kawasan rumah hobit. Sehingga, sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

Tidak hanya rumah hobit, traveler juga menelusuri sungai yang sudah tertata dan indahnya pemandangan perbukitan yang cukup asri. Jika perut sudah merasa lapar, jangan khawatir di kawasan ini juga banyak terdapat beragam jajanan kuliner.

Kampung tersebut cukup bisa menjadi alternatif anda untuk melepas penat kesibukan di tengah Kota Serang. Sebab, udaranya juga cukup sejuk dan asri. Bagi warga yang ingin berkunjung, tempat tersebut masih gratis. Kampung tersebut masih dikelola oleh warga sekitar. Mungkin, bagi warga yang berkunjung hanya dimintai sumbangan seikhlasnya untuk merawat kebersihan dan ketertiban taman tersebut.

Dikutip di laman dispar.bantenprov.go.id, Ketua Pokdarwis Karodangan, Mastur mengatakan, meskipun masih berbenah untuk menjadi kampung wisata, Pemerintah Kota Serang perlu mengapresiasi terhadap warga sekitar. Sebab, terbangunnya taman itu hasil jerih payah warga sekitar yang sadar wisata. Anggaran untuk membangun taman itu berasal dari warga sekitar yang sadar dengan wisata.

“Padahal kampung ini banyak memiliki SDA dan SDM yang potensial untuk dikembangkan. Banyak perbukitan, ada lapangan, juga tradisi kesenian Banten seperti debus, bendrong lesung, petingtung, ditunjang dengan kuliner khas Banten yang beragam. Dan masih banyak lagi yang harus digali dan didorong oleh pemerintah setempat,” ujarnya, Sabtu (6/10/2018).

Selain itu, lanjut Mastur, warga Karodangan mampu membuat semua makanan khas Banten seperti kue wingko, ketan bintul, arem-arem, sate bandeng, kue bugis, kue getuk, kue mento, kue gembleng kacang, kue jendral, kue kelepon, kue apem, kue nagasari pisang, bubur ratuban serta kue cucur.

“Jadi banyak potensi yang besar di sini, banyak hotel di Kota Serang yang memesan makanan khas lokal Banten di kampung ini, jadi bangga lah. Dan saya berharap ke depan kampung ini akan menjadi ramai pengunjung dan pemerintah membantu agar SDA dan SDM di sini dapat bermanfaat bagi kemajuan Kota Serang,” tuturnya. (Galuh Malpiana)*


Sekilas Info

Destinasi Wisata di Provinsi Banten untuk Liburan Akhir Tahun

BINGUNG liburan akhir tahun nanti pergi berwisata kemana? Nah, bagi anda yang masih bingung, yuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *