Berburu Jajanan Tradisional di Pasar Tamansari Kota Serang

Saat memasuki Pasar Tamansari yang berada di Jl. Sultan Ageng Tirtayasa, Cimuncang, Kota Serang, tepatnya di depan Kantor Pemadam Kebakaran, kita langsung disuguhkan berbagai macam jajanan tradisional, mulai dari kue pukis, jejorong, cuer, kue cincin, dadar gulung, kue talam manis, kue talam gurih, gemblong, kue bugis dan masih banyak lagi.

Kue tradisional memang selalu menjadi incaran para penikmatnya. Meski menjamur makanan modern, jajanan tradisional tak kehilangan penggemar. Meski pedagang kue tradisional semakin sedikit, namun masyarakat Kota Serang dan sekitarnya tidak perlu khawatir. Karena di pasar pagi Taman Sari semua kue dan jajanan tradisional paling lengkap, dan kue-kuenya pun dibuat langsung di hari yang sama. Tidak hanya itu, di pasar pagi Tamansari juga terdapat penjual sayur dan buah.

Ada banyak jenis jajanan dan rata-rata berbahan dasar dari tepung beras, santan serta bahan alami lainnya membuat kue tradisional memiliki rasa yang khas dan enak. Harganya pun sangat murah, mulai dari Rp 600 sampai yang paling mahal Rp 2000 saja. Bayangkan, cukup dengan uang Rp 5000 kita sudah bisa mendapatkan berbagai jenis jajanan. Wuaahh.

Pasar pagi Tamansari, mulai buka pukul 05.00 sampai 10.00 setiap hari. Liah (44), pedagang jajanan tradisional di Tamansari mengatakan, ia sudah lama jualan di pasar tersebut, yakni dari tahuun 2004. “Ada berbagai macam kue basah, ada gembleng, bacang, dadar gulung, lemper, lafana, banyaklah pokoknya. Saya jualnya rata-rataRp 600 rupiah per kue, jadi 6.000 rupiah dapet 10 kue. Biasanya mulai buat kue malem, terus abis solat subuh langsung ke sini,” ujarnya, sambil merapikan dagangannya.

Namun tidak hanya sekedar jualan di pasar, para pedagang pun menerima pesanan kue untuk acara-acara besar, misalnya, snack untuk rapat, selametan, dan lainnya. Seperti dilakukan Tia (29). “Iya sengaja ke sini pagi-pagi biar dapet banyak kue. Kebetulan di rumah lagi ada acara arisan, biar nggak repot jadi beli kuenya di sini. Sebagian sih udah pesen juga sama bibi yang jual, udah jadi langganan juga sih,” katanya sambil memilih beberapa kue yang akan dibelinya.

Jadi, bagi warga Kota Serang dan sekitarnya, jika ingin mencari kue traditional dan jajanan khas Banten bisa datang langsung ke pasar pagi Tamansari. Jangan sampai kesiangan kalau ingin mendapatkan banyak variasi kue tradisional yang khas. (Rizqi Putri)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here