Kamis, 13 Desember 2018
Masyarakat berdoa sambil mempersiapkan penganan untuk berbuka puasa bersama secara gratis di serambi Masjid Agung Ats-Tsauroh.*

Berbuka Gratis di Masjid Agung Ats-Tsauroh

Bulan Ramadan merupakan bulan suci bagi umat Islam. Untuk memanfaatkan kesucian bulan paling istimewa itu, umat muslim berlomba-lomba memperbanyak ibadah. Bukan hanya salat dan puasa, namun juga berlomba-lomba melakukan kebaikan seperti di Masjid Agung Ats-Tsauroh.

Berdasarkan pantauan Kabar Banten, Senin (21/5/2018), masyarakat sekitar masjid bergotong royong dan bersedekah menu berbuka puasa bersama di salah satu masjid terbesar di Kota Serang itu. Sejak pukul 17.30 WIB, puluhan orang mulai berkumpul dan mempersiapkan tempat.

Kaum perempuan mulai mempersiapkan penganan di serambi kanan Masjid Ats-Tsauroh. Sementara kaum laki-laki membaca doa sambil menunggu waktu berbuka puasa. Selain warga sekitar, masyarakat dari berbagai wilayah di Kota Serang juga bisa bergabung dan menikmati penganan berbuka puasa secara gratis.

Kegiatan semacam itu merupakan tradisi bagi warga sekitar untuk berbuka bersama di masjid. “Ini makanannya dari pedagang sekitar dan warga yang ingin bersedekah. Kalau di sini sudah tradisi,” kata Ustaz Sukri kepada Kabar Banten, Senin (21/5/2018).

Menurutnya, warga dan pedagang tanpa dipaksa menyumbang makanan untuk disajikan sebagai penganan berbuka puasa. Bagi masyarakat lain yang ingin menikmati berbuka bersama, juga dipersilakan untuk ikut. “Mereka sedekah saja. Kalau masyarakat lain ada yang mau ikut berbuka juga dipersilakan,” ucapnya.

Sambil promosi

Menurut seorang pedagang minuman susu coklat dingin, Fitri, yang turut menyumbang dan bersedekah untuk berbuka gratis bersama di Masjid Ats-Tsauroh mengatakan, hal tersebut sebagai salah satu bentuk promosi perusahaan. Tujuannya, agar produknya lebih dikenal.

“Perusahaan juga meminta stand by di sekitar masjid, agar lebih bermanfaat. Kalau kita promosi produk sekalian perusahaan biar manfaat di sekitar masjid,” katanya.

Kemarin, menurut dia, merupakan hari pertama menjajakan minuman secara gratis di halaman Masjid Ats-Tsauroh. Untuk selanjutnya, ia berkeliling ke beberapa masjid di Kota Serang. “Iya, tadi kita nyumbang juga ke masjid, mungkin besok keliling ke beberapa masjid sesuai perintah perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu, ratusan warga bergantian melaksanakan salat berjamaah dan berkeliling mencari penganan disekitar masjid yang banyak dijual berbagai takjil. Bulan suci Ramadan benar-benar dirayakan dengan berlomba-lomba mencari pahala bagi kaum muslim di Kota Serang. (Masykur)*


Sekilas Info

Sebanyak 200 Marbot Masjid Dapat Paket Lebaran dan Santunan

SERANG, (KB).- Sebanyak 200 marbot masjid di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang mendapatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *