Bentuk Pribadi Anak, Pola Asuh Orang Tua dan Keluarga Sangat Penting

Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Provinsi Banten, Drs Nafis MM memberikan sambutan pada kegiatan seminar ‘Orang Tua Hebat ‘ dalam rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tingkat Provinsi Banten dan Kota Serang tahun 2019, di hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Kamis (18/7/2019).*

SERANG, (KB).- Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, bahwa betapa pentingnya pola asuh orang tua dan keluarga untuk membentuk pribadi anak. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

Hal tersebut dikatakan Syafrudin saat memberikan sambutan pada kegiatan seminar ‘Orang Tua Hebat’ dalam rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tingkat Provinsi Banten dan Kota Serang tahun 2019, yang diselenggarakan BKKBN Provinsi Banten di hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Kamis (18/7/2019).

“Saat ini, yang terjadi dalam keluarga adalah kurangnya waktu bersama. Peringatan Harganas diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia khusunya Kota Serang dan Provinsi Banten untuk terus-menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas,” ujar Syafrudin.

Ia mengatakan, peringatan Harganas merupakan bentuk kepedulian pemerintah bersama masyarakat terhadap pembangunan keluarga dalam mensukseskan pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Terima kasih kepada BKKBN Provinsi Banten yang telah mensinergikan program KKBPK bersama pemerintah Kota Serang. Momentum ini merupakan wujud penghargaan pemerintah kepada keluarga serta para pendukung program KKBPK dalam upaya mewujudkan keluarga berkualitas sebagai modal mencapai visi Kota Serang yaitu Terwujudnya Kota Peradaban yang Berdaya dan Berbudaya,” ujar Syafrudin.

Syafrudin mengatakan, Pemerintah Kota Serang melalui DP3AKB Kota Serang bekerjasama dengan TP PKK Kota Serang dan mitra dalam memperingati Hari Keluarga Nasional melakukan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya pelayanan KB di 6 kecamatan, pembinaan dan penilaian nominasi lomba yang melibatkan masyarakat, kader dan motivator, advokasi komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) program KB, pengerakan dan kemitraan dengan berbagai organisasi profesi dan masyarakat, peningkatan ketahanan keluarga  serta pemberdayaan keluarga khususnya dalam pengarapan kampung KB di 6 kecamatan di Kota Serang, ujarnya.

Dengan momentum Harganas ini, diharapkan ibu-ibu di Kota Serang dapat memberikan contoh di lingkungan keluarga dan masyarakat untuk bisa mengolah sampah, memanfaatkan serta tidak membuang sampah sembarangan. “Untuk itu, Pemkot Serang bersama TP PKK Kota Serang telah mengembangkan bank sampah di beberapa tempat di Kota Serang. Kedepannya, akan dikembangakan bank-bank sampah di setiap kelurahan di Kota Serang,” ujar Syafrudin.    

Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Serang didampingi jajaran pejabat BKKBN Provinsi Banten menyerahkan penghargaan kepada pengelola Posyandu Teratai Kota Tangerang yang berhasil meraih juara 3 lomba pengelolaan Posyandu Tingkat Nasional tahun 2019.

Selain itu, juga diserahkan penghargaan terhadap para pendukung program KKBPK di Kota Serang diantaranya penyuluh KB, pos KB desa/kelurahan, sub pos KB, Kader Kelompok Kegiatan KB, Kader PKK, Kader Posyandu, Motivator KB, serta kader lainnya yang telah berjuang dan berkorban mengabdikan dirinya untuk pembangunan Kota Serang.

Ketua Tim Pengerak (TP) PKK Kota Serang Hj. Ade Jumaiyah Syafrudin, dalam laporannya menyampaikan bahwa Hari Keluarga tepatnya tanggal 29 Juni, setiap tahunnya diselenggarakan dan merupakan agenda rutin tahunan pemerintah bersama mitra kerja termasuk tim penggerak PKK.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaannya di Kota Serang, berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Keluarga ke-26 tahun 2019 diantaranya, pelaksanaan pelayanan keluarga berencana di 6 kecamatan kota serang, pembinaan kampung KB bersama mitra kerja DP3AKB Kota Serang, pembinaan dan penilaian lomba dalam rangka hari keluarga.

Kemudian hari ini, Kamis (18/7/2019), diselenggarakan seminar ‘Orang Tua Hebat’ kerjasama BKKBN Provinsi Banten dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Banten dan Tim Pengerak PKK Kota Serang. Kemudian, Sabtu (20/7/2019), akan diselenggarakan jalan santai keluarga yang juga merupakan acara puncak peringatan Harganas tingkat Provinsi Banten dan Kota Serang yang diselengarakan atas kerjasama BKKBN Provinsi Banten dan mitra, ujar Ade.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Provinsi Banten, Drs Nafis MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap tanggal 29 Juni kita peringati sebagai Hari Keluarga Nasional sejak tahun 1993. Hal ini dilaksanakan sesuai dengan amanat dari Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional sehingga tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional.

Ia mengatakan, mengapa Presiden sampai mengeluarkan Keppres, karena pemerintah menyadari pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara. Keluarga memiliki 8 fungsi  yakni Fungsi Agama, Fungsi Cinta Kasih, Fungsi Perlindungan, Fungsi Ekonomi, Fungsi pendidikan, Fungsi Reproduksi, Fungsi Sosial Budaya, serta yang ke fungsi Lingkungan.

“Melalui 8 (delapan) fungsi keluarga tersebut diharapkan setiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakan, mengingat setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Bila di implementasikan niscaya akan tumbuh anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji apalagi dalam situasi dan kondisi yang serba transparan saat ini,” ujar Nafis.

Peringatan Harganas tahun ini mengedepankan keikutsertaan keluarga dan mencerminkan penerapan 4 (empat) pendekatan ketahanan keluarga yaitu Keluarga berkumpul (reuniting),  Keluarga berinteraksi (interacting), Keluarga berdaya (empowering), serta Keluarga peduli dan berbagi (sharing and caring).

“Salah satu kegiatan yang digalakkan dalam momentum Harganas XXVI Tahun 2019 adalah ‘Gerakan Kembali ke Meja Makan’ dan Gerakan ‘tidak melihat Media sosial dan TV pada jam 18.00 – 21.00 atau Gerakan 1821’. Selamat Hari Keluarga. Hari Keluarga Hari Kita Semua. Cinta Keluarga Cinta Terencana. Kalau terencana semua lebih mudah,” ujar Nafis. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here