Bentengi Siswa dari Bahaya Narkoba

LEBAK, (KB).- Generasi muda harus dibentengi dan diperkuat dalam keamanan serta pencegahan narkoba. Hal itu diperlukan, selain demi memperkuat pertahanan bangsa, juga dapat mengancam bonus demografi.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) yang juga Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi saat acara Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bayah, Kamis (28/11/2019).

”Peredaran narkoba semakin hari kian memprihatinkan. Jika tidak dicegah, pengaruh barang haram itu bisa mengancam bonus demografi di Indonesia yang diperkirakan akan terjadi pada 2020-2030,” kata Ade Sumardi.

Ia menjelaskan, bonus demografi merupakan keadaan dimana jumlah penduduk usia produktif (15-65 tahun) lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk nonproduktif, yakni yang berusia di bawah 15 tahun dan di atas 65 tahun.

”Kegiatan ini sebagai upaya untuk membentengi para pelajar dari bahaya narkoba. Langkah ini perlu dilakukan mereka (pelajar) rentan terserang bahaya narkoba,” ujarnya.

Sebagai pegiat narkoba, pihaknya berkewajiban memberikan pencegahan dan pemahaman bahwa narkoba sangat mudah menghancurkan bangsa negara melalui peredaran narkoba yang akan menghancurkan anak bangsa ke depan.

Kepala SMAN 1 Bayah, Asep Darma Mulya mengapresiasi kepedulian stakeholder serta pegiat anti narkoba yang sudah memberikan bekal kepada pelajar di sekolah yang dipimpinnya.

”Tentu kami berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin. Langkah ini sebagai upaya untuk membentengi pelajar khususnya SMAN 1 Malingping agar tidak terjerumus pada bahaya narkoba,” ucapnya.

Menurut pantauan, dalam kegiatan P4GN pelajar di sekolah tersebut diberikan materi tentang pencegahan bahaya narkoba oleh pihak Dinas kesehatan (Dinkes) Lebak dan para pegiat anti narkoba, diwakili oleh Perkumpulan Anti Narkoba (Perank) serta Satnarkoba Polres Lebak, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (FKPK) Bayah.

Tampak para peserta P4GN berinteraksi dengan sejumlah narasumber. Mereka sangat bersemangat ketika ketua BNK memberikan hadiah kecil. (DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here