Bendungan Pamarayan Dilirik Jadi Destinasi Wisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan membentuk tim kecil untuk mengkaji bangunan cagar budaya Bendungan Lama Pamarayan di Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal. Hal tersbeut dilakukan sebagai langkah awal untuk menata situs peninggalan kolonial tersebut, menjadi destinasi wisata baru.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, bangunan Bendungan Lama Pamarayan berpotensi menjadi destinasi wisata terbaru di Kabupaten Serang. Untuk itu, kata dia, akan membuat tim kecil untuk melakukan kajian terhadap bangunan lama tersebut. “Setelah itu, akan ada keputusan bersama untuk melanjutkan rencana baik tadi,” ujarnya, Jumat (16/11/2018).

Ia berharap, revitalisasi bangunan lama tersebut, bisa dilakukan bersama melibatkan Pemprov Banten dan Pusat. “Tinggal kami bagi bantuan dari provinsi berapa, APBD kabupaten dan semoga Pemerintah Pusat juga turut andil di sini,” ucapnya.

Sementara, Juru Pelihara Situs Bendungan Pamarayan, Jamaludin Hugaeni berharap, ke depan bendungan tersebut, bisa lebih dipelihara. Sebab, saat ini kondisi bendungan lama sudah banyak yang retak. “Karena, sekarang sudah reta-retak. Harus segera dipugar, karena ini aset pemda juga,” tuturnya.

Ia menuturkan, selama ini perhatian pemerintah memang sudah ada, namun hasilnya belum optimal. “Pengembangan dari Disdikbud kabupaten dan provinsi, terus alat alat juga dikasih. Hanya saja untuk perawatannya belum ada,” katanya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here