Belajar di Rumah, Guru Diminta Ikuti Perkembangan Peserta Didik

Tangkapan Layar, suasana diskusi virtual yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten melalui UPT Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (21/4/2020).

SERANG, (KB).- Guru diminta untuk mengikuti perkembangan peserta didik di era teknologi, hal itu agar peserta didik tidak ketinggalan pelajaran. Misalnya selama proses kegiatan belajar di rumah, guru menggunakan pembelajaran dalam jaringan (daring) untuk memantau aktivitas siswa dalam belajar.

Hal tersebut dikatakan Koordinator Sub Perencanaan Aplikasi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hendriawan Widiatmoko, dalam diskusi virtual Pendidikan bertema “Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (PembaTIK) 2020 Guru Banten Menyongsong Era Digital 4.0” yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, Selasa (21/4/2020).

Ia mengatakan, ditengah wabah virus Corona atau Covid-19, proses belajar mengajar dilakukan di rumah. Sehingga, guru pun harus menggunakan media pembelajaran daring.

“Ada empat hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran daring, di antaranya guru dapat membuat konten yang menarik selama pembelajaran dilakukan, bisa menggunakan rancang dan mengembangan berbagai aktivitas belajar interaktif, menarik dan menantang siswa. Kemudian, bisa memberikan fasilitas interaksi. Dengan ragam interaksi tersebut antara siswa dengan konten, siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan terakhir evaluasi pembelajaran daring,” ujarnya.

Untuk bisa menyesuaikan siswa dalam pembelajaran daring, kata dia, guru harus tahu apakah siswa siap menggunakan singkronus maupun ansingkronus yang dilakukan.

“Singkronus bisa dengan tatap muka, video conference atau bisa menggunakan forum-forum diskusi. Kemudian ansikronus, guru dapat menggunakan power point diubah menjadi video yang bisa di share kepada peserta didik,” ujarnya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here