Belajar Agroekoteknologi, Universitas Bengkulu Kunjungi Untirta

Universitas Bengkulu mengunjungi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, di Ruang Rektorat Untirta, Selasa (15/10/2019). Kegiatan tersebut rutin dilakukan untuk belajar agroekoteknologi.*

SERANG, (KB).- Universitas Bengkulu mengunjungi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), di Ruang Rektorat Untirta, Selasa (15/10/2019). Kegiatan tersebut rutin dilakukan untuk belajar Agroekoteknologi.

Dosen Universitas Bengkulu Supardi mengatakan, kunjungan tersebut rutin dilakukan pihaknya untuk belajar pada universitas yang memiliki program studi agroekoteknologi, Untirta salah satu yang dikunjungi. Selain itu, mahasiswa dan dosen dapat belajar langsung mengenai agroekoteknologi.

”Kami mengajak mahasiswa diharapkan dapat menambah wawasan mereka, serta dapat mengetahui berbagai prodi di universitas lain yang ada di Indonesia. Selain di Untirta, kami juga akan berkunjung ke Universitas Padjajaran Bandung,” kata Supardi kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, memilih Untirta karena salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terkenal dengan project 4-in-1 dari Islamic Development Bank (IsDB), yang mempunyai keunggulan dalam ketahanan pangan.

”Kami tertarik untuk berkunjung serta belajar bersama Untirta tentang ketahanan pangan. Hal tersebut juga bisa memberikan pengalaman dan menambah pengetahuan mahasiswa dan dosen,” ujarnya.

Kepala Prodi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Untirta Andi Aprianti mengatakan, pihaknya mengenalkan Untirta kepada mahasiswa dan dosen Universitas Bengkulu. Selain itu, pihaknya juga menampilkan keahlian yang telah didapat selama belajar, salah satunya mahasiswa mampu mentransformasikan genetik pada padi.

”Kami juga memberitahu kepada mereka mengenai laboratorium yang berada di fakultas pertanian serta fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh kami. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa yakni melakukan pembinaan desa, kemudian kegiatan seminar,” tuturnya.

Perwakilan mahasiswa Universitas Bengkulu Rahayu Widya Astuti mengatakan, perasaannya sangat luar biasa bisa berkunjung ke Unirta. Selain itu juga dapat belajar cara penggunaan alat laboratorium yang berteknologi tinggi, serta ilmu tentang sistem irigasi dan drainase.

”Kami dapat belajar dari kedua universitas dan fakultas masing-masing. Keunggulan Untirta yang belum dimiliki Universitas Bengkulu yakni memiliki lahan yang luas untuk praktik mahasiswa, serta Satuan Kredit Semester (SKS) yang pada dan efektif, kemudian fasilitas laboratorium termutakhir,” ucapnya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here