Bedol Desa Sekitar PT Dover Chemical, Pemkot Cilegon Bentuk Tim Relokasi

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon sedang melakukan persiapan untuk pembebasan lahan warga di sekitar PT Dover Chemical Indonesia. Warga di sekitar industri kimia, Kecamatan Gerem tersebut, sering terganggu bau menyengat yang timbul dari pabrik tersebut.

Salah satu persiapannya, adalah pembentukan tim relokasi, di mana pembentukannya akan dilakukan Jumat (20/12/2019).

Kepala Bagian Perekonomi dan Pembangunan Setda Pemkot Cilegon Sabri Wahyudin mengatakan, langkah tersebut, dilakukan dalam rangka menindaklanjuti surat Nomor: 828/DCM/IX/2019 tentang permohonan bantuan pembebasan tanah dan bangunan dari PT Dover Chemical Indonesia.

Pada surat yang ditandatangani Direktur PT Dover Chemical Indonesia Ng Ek Cheong tersebut, berisikan permintaan fasilitasi terkait pembebasan lahan warga di Lingkungan Kalibaru, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol kepada Pemkot Cilegon melalui Wali Kota Cilegon Edi Ariadi.

“Setelah diterima pak wali kota, suratnya disampaikan ke bu wakil wali kota (Wakil Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati). Itu sudah didisposisikan ke bu sekda (Sekda Cilegon Sari Suryati), kemudian diserahkan ke bu asda II (Asda II Setda Pemkot Cilegon Beatrie Noviana). Dari bu asda baru diserahkan ke saya,” katanya saat dihubungi, Rabu (18/12/2019).

Baca Juga : Kembali Keluarkan Bau Menyengat, Dewan Oncog PT Dover Chemical

Menurut dia, terdapat sejumlah tahapan yang akan dilakukan Pemkot Cilegon dalam rangka kegiatan pembebasan lahan. Di mana pada tahap pertama, adalah pembentukan tim relokasi.

“Tim ini akan dibentuk berdasarkan SK Wali Kota Cilegon. Tim akan beranggotakan perwakilan dari Kantor Pertanahan Cilegon, Kecamatan Grogol, Kelurahan Gerem, dan pihak-pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Pada dasarnya, selain tim relokasi akan ada juga tim pembebasan lahan. Namun, tim kedua tersebut, akan dibentuk oleh PT Dover Chemical Indonesia. “Pada tim pembebasan lahan, unsur dari Pemkot Cilegon tidak akan dilibatkan,” ucapnya.

Terkait tim relokasi, lanjut dia, akan mengawali tugasnya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Lingkungan Kalibaru. Setelah sosialisasi, tim akan melakukan pendataan fisik dan yuridis, sebagai dasar pembebasan lahan.

“Setelah pendataan, PT Dover dengan masyarakat akan menentukan mau pakai tim appraisal yang mana. Setelah selesai tugas tim relokasi, hasilnya diberikan ke PT Dover, sehingga perusahaan lah yang melakukan pembebasan, kami hanya support nantinya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Kota Cilegon Sari Suryati menegaskan, keberadaan Pemkot Cilegon dalam persoalan tersebut, adalah memfasilitasi. Intinya, kata dia, pemkot siap memfasilitasi, tetapi bukan pemkot yang memberikan penilaian, itu adalah lembaga independen yang akan disepakati secara bersama oleh PT Dover dan masyarakat terdampak. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here