Bedah 310 Rumah, Pemkot Tangsel Siapkan Rp 22 Miliar

TANGERANG, (KB).- Pada 2020 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimta) telah menganggarkan Rp 22 miliar untuk program bedah rumah. Anggaran tersebut direncanakan untuk memperbaiki 310 unit rumah warga yang tidak layak huni.

“Tahun depan, kami menganggarkan sebanyak 310 rumah yang akan dibedah, dengan nominalnya berkisar Rp 22 miliar,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perkimta Tangsel Teddy Meiyadi saat meresmikan rumah umum tidak layak huni (RUTLH) yang baru direnovasi kepada Raniah, warga Jalan Legoso Selatan, RT07/RW02, Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel, Selasa (15/10/2019).

Ia menjelaskan, meskipun dengan anggaran besar tersebut, namun tetap pihaknya akan memilah mana saja rumah layak untuk diperbaiki. Karena, menurut dia, untuk rumah dengan tingkat kerusakan ringan wewenangnya berada di tingkat camat dan lurah, sedangkan untuk yang berat akan dikerjakan oleh Dinas Perkimta.

“Jika dilihat dari besarnya jumlah penduduk, maka kemungkinan dari 310 rumah yang akan diperbaiki, sebagian besar berada di Kecamatan Ciputat, Pondok Aren, dan Pamulang,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, rencananya perbaikan rumah tak layak huni dimulai pada Januari 2020. Sementara, untuk pelaksanaannya, Perkimta akan bekerja sama dengan Badan Keswadayaan Masayarakat (BKM) di setiap keluarahan yang bersangkutan.

Sesuai dengan pengalaman tahun ini dan tahun lalu, kami bisa tepat waktu jika bekerja sama dengan masyarakat. Jadi, tidak perlu melalui proses lelang dan sebagainya. Nanti akan ada SK wali kota surat penetapan penerima,” ucapnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here