Minggu, 18 November 2018

BBM Non-Subsidi Naik, Harga Sembako Stabil

SERANG, (KB).- Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non-subsidi tidak berdampak pada harga sembako di pasaran. Hingga saat ini harga pangan tersebut relatif masih stabil. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi (Disperdaginkop) dan UKM Kota Serang, Ahmad Benbela.

Menurutnya, beberapa waktu lalu sempat beredar isu adanya kenaikan harga sembako akibat melonjaknya harga BBM. Ia menepis hal tersebut dan menilai bahwa harga-harga yang ada saat ini masih stabil atau tidak ada kenaikan yang signifikan. Hal tersebut telah dibuktikan dari hasil pantauan petugasnya ke lapangan.

“Padahal harga masih stabil dan tidak ada dampak dari kenaikan BBM ini. Petugas kami sudah turun langsung ke lapangan untuk mengecek harga,” kata Benbela, Jumat (19/10/2018).

Kebutuhan pokok tersebut salah satunya beras. Untuk beras IR KW 1 seharga Rp 9 ribu, IR KW 2 seharga Rp 10 ribu dan IR KW 3 seharga Rp 10.500. “Justru ini lebih rendah dari waktu Idulfitri kemarin. Kemarin yang IR KW 3 saja sampai Rp 12 ribu,” ujarnya.

Menurutnya, kalaupun ada beberapa harga komoditas naik itu bukan karena naiknya harga BBM. Tetapi karena stok yang ada biasanya menipis, sehingga mempengaruhi harga yang ada di pasar. Sebab hingga saat ini para petani lokal di Kota Serang belum dapat memasok hasil buminya untuk dijual kembali ke para pedagang yang ada di Pasar Rau maupun pasar-pasar yang ada di Kota Serang.

“Di Serang ini kan masih banyak yang mengambil berasnya dari Cianjur serta Karawang. Sebab petani yang ada di Sawah Luhur itu belum bisa memasok ke pedagang karena pasokannya minim,” ujarnya.

Dia berharap, ke depan para petani di Kota Serang bisa memasok beras maupun komoditas lain yang dibutuhkan para pedagang. Hal tersebut agar harga jual yang diberikan pun tidak terlalu mahal dan juga dapat membantu perekonomian para petani yang ada. “Biasanya sih petani di kita itu menjual keluar, nanti balik lagi ke sini. Jadi harga-harga nanti engga terlalu tinggi,” ujarnya. (TM)*


Sekilas Info

Endah N Rhesa Sihir Pengunjung TangCity Mall

TANGERANG, (KB).- Pengunjung Tangerang City (TangCity) Mall mendapat suguhan penampilan apik dari band indie sepasang suami …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *