Baznas Pandeglang Optimis Penerimaan Zakat Capai Rp 1,9 M

PANDEGLANG, (KB).- Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pandeglang Aah Wahid Maulany optimistis, bisa mencapai target penerimaan zakat, infak, dan sedekah tahun ini bisa mencapai Rp 1,9 miliar.

Optimistis tersebut terbangun, karena saat ini saja sudah ada sekitar 55 SMP, 25 koordinator wilayah, dan RSUD Berkah yang siap menitipkan zakatnya ke Baznas.

“Untuk semua penerimaan zakat yang dititipkan baik zakat fitrah, infak, sedekah, dan zakat mal tahun 2019 ditargetkan Rp 1,9 miliar. Karena, kemarin saja target Rp 1,7 miliar tercapai, bahkan melampaui target menjadi Rp 1,8 miliar. Maka dari itu, target tahun ini optimistis terlampaui,” kata Ketua Baznas Pandeglang Aah Wahid Maulany saat penyaluran zakat fitrah di Halaman Kantor Baznas Pandeglang, Selasa (28/5/2019).

Acara tersebut, dihadiri Bupati Pandeglang Irna Narulita, Sekda Pandeglang Pery Hasanudin, Kepala Kementerian Agama Pandeglang Endang, Asda Pemerintahan Agus Priyadi Mustika, Asda Ekbang Indah Dibarsiani, Kepala Diskomsantik Yahya Gunawan, Direktur RSUD Dokter Firman, dan para ulama.

Menurut dia, untuk zakat fitrah yang dititipkan kepada Baznas tahun 2019 hingga saat ini baru mencapai Rp 315. 640.000. Jumlah tersebut, ujar dia, memang lebih kecil dari tahun sebelumnya.

“Hasil titipan zakat fitrah, infak, dan sedekah mulai dikimpulkan hari ini para muzaki, OPD, Korwil, UPT Puskesmas, Kementerian Agama, dan kepala sekolah sebanyak Rp 315.640.000, sedangkan tahun lalu sebesar Rp 469.510.000, memang ada penurunan sekitar 10 persen,” ucapnya.

Ia menjelaskan, alasan titipan zakat fitrah tahun 2019 tidak tercapai dipengaruhi beberapa faktor, yakni soal jatuhnya bulan Ramadan pada Senin (6/5/2019) dan Hari Raya Idulfitri pada awal Juni.

“Awal bulan Ramadan tepatnya tanggal 6 Mei sudah lewat gajian pegawai, sehingga tidak dapat ditarik zakat fitrah dari kalangan ASN. Zakat fitrah tidak dapat dibayar juga pada bulan Juni, karena sudah mulai masuk cuti Lebaran,” tuturnya.

Meski demikian, dia meyakini, jumlah perolehan tadi bukanlah finishing, karena penerimaan dan pendistribusian zakat masih berlangsung hingga H-1 Hari Raya Idulfitri.

“Kami optimistis, bisa melampaui target zakat dan hari ini saja ada 155 SMP, 25 korwil, dan RSUD Berkah yang akan menyetorkan zakat fitrahnya ke Baznas,” katanya.

Menurut dia, saat ini kurang lebih ada 2.873 mustahik yang akan menerima zakat. Jumlah tersebut, terdiri dari Yayasan, Ponpes, Majelis Taklim, RT /RW, dan perorangan.

“Pendistribusian akan terus kami lakukan hingga satu hari menjelang hari raya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita secara simbolis menyerahkan zakat kepada para mustahik. Menurut dia, pekerjaan dalam mengelola zakat ini memang tidak mudah, karena keterkaitan dengan hati dan ketulusan.

“Dalam hidup kita harus ada keseimbangan antara dunia dan akhirat. Saya yakin, Baznas ini dapat menyalurkan zakat fitrah, infak, dan sedekah kepada orang yang tepat,” ucapnya.

Menurut dia, dengan adanya dana pengelolaan zakat, infak, dan sedekah melalui Baznas, pemerintah daerah sangat terbantu. Selain itu, lanjut dia, tugas dari Baznas tidak hanya mengumpulkan zakat fitrah saja, melainkan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat di berbagai bidang.

“Ini diberikan dan ini untuk menstimulasi masyarakat, sehingga dapat membantu peningkatan masyarakat prasejahtera,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here