Baznas Lebak Targetkan Zakat Fitrah Capai Rp 700 Juta

LEBAK, (KB).- Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lebak H. Eri Rahmat mengatakan, potensi zakat fitrah di daerah ini mencapai Rp 700 juta.

“Kami yakin potensi dana zakat fitrah sebesar itu minimal dapat terealisasikan sekitar Rp 660 juta. Insya Allah pengumpulan dana zakat fitrah itu diharapkan bisa mencapai target yang ditentukan, mengingat pada bulan Ramadan itu bagi orang mampu ekonomi diwajibkan membayar zakat fitrah,” kata H. Eri Rahmat di Lebak, akhir pekan lalu.

Dijelaskan, dana yang terkumpul dari umat nantinya akan disalurkan pada penerima dana zakat sebanyak 18.870 jiwa tersebar di 345 desa dan kelurahan di 28 kecamatan. Dijelaskan, berdasarkan hasil rapat pengurus Baznas, Kemenag Lebak serta Setda Kabupaten Lebak besaran nilai zakat fitrah 1439 H sebesar Rp 35.000.

”Besaran zakat fitrah 1439 H sebesar 2,5 kg atau 3,25 liter beras. Jika dikonversikan ke rupiah nilainya sebesar Rp 35.000. Pemberitahuan nilai zakat fitrah ini sudah disebarkan kepada dinas dan instansi terkait serta kepada para UPZ yang tersebar di 28 kecamatan se-Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam rapat itu juga dilakukan pembahasan terkait penerimaan zakat fitrah dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lebak.

”Kami ASN dapat mengeluarkan zakat,infak dan sedekah Ramadan disesuaikan golongannya. Bagi ASN ditetapkan sebanyak dua jiwa dengan waktu penyerahan saat penerimaan gaji bulan Juni mendatang. Para PNS atau ASN dapat menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya melalui rekening Bank Jabar Rangkasbitung,” tuturnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here