Baznas Kabupaten Serang Perpanjang MoU dengan Kabar Banten

Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat Rachmat Ginandjar, disaksikan Ketua Baznas Kabupaten Serang dan perwakilan Bank Jabar Banten, menandatangani MoU kerja sama penyampaian laporan infromasi penerimaan zakat di Kabupaten Serang, di Kantor Baznas Kabupaten Serang, Senin (3/2/2020).*

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang kembali memperpanjang kerja sama dengan Harian Umum Kabar Banten dan Bank Jabar Banten (BJB). Kerja sama tersebut dilakukan untuk menyampaikan informasi terkait laporan penerimaan zakat atau laporan keuangan lembaga tersebut.

Kerja sama tersebut dilakukan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Baznas Kabupaten Serang sebagai pemberi informasi, Bank BJB Cabang Serang sebagai penyedia dana dan Harian Umum Kabar Banten sebagai penyedia infromasi.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Ketua Baznas Kabupaten Serang Ahmad Wardi Muslich, Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (Harian Umum Kabar Banten) Rachmat Ginandjar, perwakilan Bank BJB Cabang Serang, serta Wakil Ketua I, II dan III Baznas Kabupaten Serang beserta staf.

Ketua Baznas Kabupaten Serang Ahmad Wardi Muslich mengatakan, kerja sama tersebut, telah terjalin lama atau sudah lebih dari 15 tahun. Pihaknya juga berterima kasih kepada BJB dan Harian Umum Kabar Banten yang menyebarkan informasi dana zakat kepada publik.

“Kerja sama ini sudah terjalin lama, bahkan sebelum saya menjabat atau sekitar 15 tahun lebih. Saya berterima kasih kepada Bank BJB dan Harian Umum Kabar Banten yang membantu menyebarkan informasi dana zakat kepada publik,” katanya di sela acara yang dilaksanakan di Kantor Baznas Kabupaten Serang, Senin (3/2/2020).

Ia menjelaskan, pada 2019 penerimaan dana zakat oleh Baznas Kabupaten Serang terkumpul sebesar Rp 12,59 miliar. Jumlah tersebut melampaui target, yakni sebesar Rp 12,58 miliar. Peningkatan target zakat juga telah berjalan sejak 2018, hal tersebut dinilai berkat kerja sama semua pihak.

“Tahun sebelumnya pun, yaitu 2018 ada peningkatan yang siginfikan. Ini berkat kerja sama semua pihak, baik BJB dan Harian Umum Kabar Banten, infromasi dari media dapat menyebar ke wilayah Banten,” ujarnya.

Tahun ini, dia berharap, target penerimaan zakat dapat sesuai dengan yang dibutuhkan. Bahkan, pada Desember 2019, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang untuk mengajak sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan tsanawiyah untuk menekankan kepala sekolah (kepsek), agar membayar zakat melalui Baznas Kabupaten Serang. Selain itu, juga menekankan kepada unit pengumpul zakat (UPZ) di kecamatan, agar membayar zakat melalui Baznas.

“Mudah-mudahan tahun ini tercapai targetnya dan kerja sama ini terus terjalin, sebab di Desember 2020 nanti kepemimpinan saya akan berakhir. Kerja sama ini sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (Harian Umum Kabar Banten) Rachmat Ginandjar berharap, apa yang disinergikan saat ini tidak hanya memberikan manfaat untuk urusan dunia, tetapi bisa menjadi berkah. Sebab, dalam media surat kabar memiliki dua misi, yakni misi bisnis dan misi sosial, sehingga kerja sama yang dijalin merupakan salah satu misi sosial yang dilakukan Harian Umum Kabar Banten.

“Kerja sama ini mudah-mudahan bisa membawa berkah bagi Baznas dan Bank BJB,” tuturnya.

Ke depan, dia berharap, kerja sama tersebut, tidak hanya di atas kertas, tetapi juga ada pengembangan salah satunya melakukan kampanye untuk zakat bersama, sehingga koran tidak hanya melaporkan penerimaan zakat saja, tetapi pada momentum tertentu ada kampanye zakat.

“Apalagi sekarang itu sedang ada perkembangan media, ada media baru yang sudah banyak mengakses. Jadi, hal ini bisa dimanfaatkan di media online seperti saat ini untuk mengajak masyatakat dalam membayar zakat ke Baznas Kabupaten Serang,” katanya. (Tresna Mulyanawati)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here