Baznas Harap Zakat ASN Meningkat

Pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang berharap, penerimaan zakat dapat meningkat tahun ini, salah satunya zakat dari aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Saat ini, menurut pihak Baznas, masih ada sebagian ASN pemkab yang belum ikut serta membayar zakat melalui Baznas.

Ketua Baznas Kabupaten Serang Ahmad Wardi Muslich menuturkan, tahun ini diharapkan penerimaan zakat meningkat. Baznas juga menargetkan zakat dari ASN dapat mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Meskipun, sejauh ini pembayaran zakat yang bersumber dari ASN sudah baik tetapi belum semua ASN melakukan pembayaran melalui Baznas.

“Sehingga, jika semua ASN sudah melakukan pembayaran, kemungkinan akan meningkat (penerimaan zakat). Jadi , kami targetkan tahun ini lebih baik lagi,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (31/1/2020).

Saat ini, dia menuturkan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penerimaan zakat pada 2020. Salah satunya dengan memberikan sosialisasi kepada ASN yang ada di Lingkungan Pemkab Serang maupun yang ada di kecamatan dan desa. Hal tersebut, agar pengumpulan zakat dari ASN lebih optimal lagi.

“Namun, dana yang bersumber dari ASN tetap akan kami optimalkan. Salah satunya pegawai yang ada di unit pelayanan teknis (UPT) itu kan belum semua,” ujarnya.

Menurut dia, selama ini salah satu sasaran yang akan dilakukan dalam pengumpulan zakat ASN, yaitu bagi yang bertugas di UPT yang tersebar di semua kecamatan. Selain itu, ASN yang ada di kecamatan dan desa juga menjadi sasaran untuk pengumpulan zakat yang bersumber dari ASN. Sebab, untuk saat ini, zakat ASN lebih banyak didapatkan dari hampir semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Serang.

“Kalau dari OPD-OPD itu kan sudah diwajibkan dan rutin berjalan. Nah kalau UPT atau kecamatan dan desa masih ada yang belum menjalankannya,” ucapnya.

Menurut dia, zakat dari ASN pemkab disalurkan untuk membantu masyarakat Kabupaten Serang yang membutuhkan, salah satunya untuk membantu perbaikan rumah tidak layak huni, sehingga pihaknya terus mengajak semua elemen masyarakat hingga ASN untuk membayar zakat melalui Baznas Kabupaten Serang.

“Kalau semua pegawai atau ASN membayar zakat sesuai ketentuan atau mencapai nisab itu dananya lebih banyak dan imbasnya bisa tersalurkan ke masyarakat lebih banyak lagi. Jadi, tambah banyak dana masuk lebih baik penyalurannya,” tuturnya.

Menurut dia, Baznas juga memfokuskan untuk mengajak perusahaan yang ada di wilayah kabupaten, agar membayar zakat melalui Baznas Kabupaten Serang. (Tresna Mulyanawati)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here