Baznas Banten Salurkan ZIS Rp 260 Juta untuk Bantu Korban Tsunami

SERANG, (KB).- Baznas Provinsi Banten menyalurkan dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) senilai Rp 260 juta untuk para korban bencana tsunami Selat Sunda di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. Penyerahan bantuan secara simbolis digelar di Posko Bencana Kampung Jambu, Desa Bulakan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Senin (31/12/2018).

Bantuan senilai Rp 260 juta itu antara lain berupa pengadaan dapur umum, selimut, tikar, dan sarung. Bantuan ini didistribusikan di tiga titik lokasi Posko Baznas, yakni di Sumur dan Caringin, Kabupaten Pandeglang serta Cinangka, Kabupaten Serang.

Bantuan diserahkan Ketua Baznas Banten Suparman Usman. Ia didampingi Wakil Ketua II M Suhri Utsman, Kabid Pendistribusian dan Pendayagunaan Minta Kusnaedi, dan Komandan Baznas Tanggap Bencana Banten (BTB) Dowi Priana.

Dalam sambutannya, Ketua RT 03 RW 01 Desa Bulakan Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Rohmiudin mengucapan terima kasih atas bantuan Baznas Banten kepada para korban bencana tsunami di wilayahnya. Dia menilai bantuan Baznas ini memberikan motivasi dan dorongan bagi para korban bencana menjadi kuat menghadapi cobaan dan ujian ini.

Menurut Rohmiudin di wilayahnya terdapat empat keluarga yang terdampak langsung tsunami. Warung dan rumah warga diterjang gelombang besar.

“Alhamdulillah, warga kami berhasil menyelamatkan diri dari bencana tsunami,” katanya.

Rohmiudin juga mengaku merasa sangat bahagia atas kedatangan rombongan pimpinan Baznas Banten ke kampungnya. “Intinya, kami semua merasa sangat senang akan kedatangan bapak-bapak dari Baznas Banten,” ujarnya.

Baznas memiliki BTB

Sementara itu, Ketua Baznas Banten Suparman Usman dalam sambutannya menyatakan Baznas memiliki Baznas Tanggap Bencana (BTB). Tim penanggulangan bencana alam ini sudah dilatih menangani bencana-bencana di Indonesia. BTB ada di tingkat nasional, provinsi,  dan kabupaten.

“Sejak terjadi musibah tsunami, BTB langsung diterjunkan untuk mengevakuasi korban di beberapa titik lokasi terdampak tsunami. Alhamdulillah kami masih terus bergerak di daerah sini (Cinangka), Caringing, Sumur, Kabupaten Pandeglang dll,” ujar Suparman

Dia mengajak kepada masyarakat di Cinangka untuk mendoakan saudaranya yang telah dipanggil Allah agar diampuni segala dosa dan kesalahan, ditempatkan di tempat yang terbaik. Sementara keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

“Kemudian kita semua meminta ampun dan istigfar terhadap kesalahan yang telah kita perbuat,” katanya.

Suparman menjelaskan tugas Baznas antara lain mengumpulkan dana zakat dari mereka yang mampu. “Kami kumpulkan dan kami distribusikan, kami bagikan kepada mereka yang membutuhkan sesuai ketentuan perundang-undangan dan syariat Islam, dan pada hari ini, kami datang ke sini antara lain juga menyampaikan titipan yang diamanatkan kepada kami,” ujarnya. (SN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here