Baznas Banten Berikan Bantuan Perahu Nelayan dan Hunian Tetap untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Wakil ketua II Baznas Banten Moh Suhri Utsman (kedua dari kanan) saat meninjau bantuan perahu nelayan untuk korban terdampak tsunami Selat Sunda di Kampung Cikujang Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang , Pandeglang, Kamis, (9/05/2019).

PANDEGLANG, (KB). Baznas Provinsi Banten meluncurkan bantuan perahu nelayan dan hunian tetap untuk korban tsunami Selat Sunda pada Desember 2018 di Kampung Cikujang Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Kamis (9/05/2019).

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Provinsi  Banten Moh Suhri Utsman mengatakan bantuan yang diberikan kepada korban tsunami sebanyak lima unit perahu beserta perlengkapannya.

Menurut Suhri, sebelum memberikan bantuan, Baznas Banten mendata kebutuhan masyarakat terdampak tsunami, terutama para nelayan. Kegiatan pendataan dilakukan pada 31 Januari 2019.

“Jadi, kegiatan ini kami lakukan untuk mengetahui berapa banyak penerima manfaat yang akan dibantu. Selain itu, kami  juga menanyakan kesiapan mereka dalam menerima bantuan, karena bantuan ini tidak langsung berwujud perahu. Akan tetapi, kami mensuport anggaran pembuatan perahu tersebut sebanyak lima unit,” ujar Suhri.

Suhri juga mengatakan, karena nelayan di sana sangat baik dalam pengelolaan anggaran, jumlah bantuan yang semula untuk lima unit perahu menjadi enam unit tanpa tambahan anggaran dari BAZNAS Provinsi Banten.

“Selain perahu nelayan, Baznas Banten juga memberikan bantuan berupa hunian tetap,” katanya.

Menurut Suhri sumber dana yang digunakan untuk bantuan ini selain dari penghimpunan yang dilakukan Baznas Banten, juga mendapatkan bantuan dari Baznas Pusat dan Baznas daerah lainnya.

Pada bagian lain Suhri menjelaskan, sampai saat ini, Baznas Banten masih membuka kesempatan bagi para donatur yang ingin membagi sebagian hartanya untuk membangun kembali fasilitas yang rusak akibat terjangan tsunami Selat Sunda.

Dia berharap bantuan yang diberikan ini bisa membantu masyarakat untuk kembali melakukan aktivitas perekonomiannya. Dengan demikian kegiatan yang dilakukan Baznas Banten ini dapat memulihkan atau membangkitkan kembali perekonomi di daerah yang terdampak tsunami Selat Sunda.(IF)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here