Bawaslu Larang Mutasi Pejabat Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang melarang setiap agenda mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Pandeglang. Larangan tersebut disampaikan Bawaslu, karena Pandeglang memasuki tahun politik berupa pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Koordinator Divisi Pencegahan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Pandeglang, Fauzi Ilham mengatakan, larangan untuk tidak menggelar murtasi, rotasi maupun promosi pejabat karena dikhawatirkan rentan terjadi mobiliasai Aparatur Sipil Negara (ASN) secara sistematis, terstruktur dan masif. Selain itu, larangan tersebut diberlakukan enam bulan sebelum pelaksanaan Pilkada.

“Apalagi Pilkada Pandeglang akan diikuti oleh peserta dari calon petahanan atau kepala daerah yang sedang menjabat. Jadi untuk mencegah terjadi ketidaknetralan pejabat sebaiknya tidak melakukan proses mutasi,” ujar Ilham kepada Kabar Banten, Senin (4/11/2019).

“Sesuai aturan ASN tidak boleh ikut politik praktis. Apalagi merujuk UU Nomor 10 tahun 2015 mengatur larangan mutasi pejabat enam bulan sebelum pelaksanaan Pilkada,” ujarnya.

Selain itu, dalam peraturan Menteri Dalam Negeri juga dilarang ASN ikut politik praktis dan diimbau agar menjaga netralitas. Fauzi mengaku akan terus mengawasi ASN di Pandeglang. Hal tersebut penting untuk jelannya pesta demokrasi secara sehat, jujur dan adil.

“Saya mengajak masyarakat untuk pro aktif ikut mengawasi jalannya proses Pilkada di Pandeglang. Harapannya Pilkada benar-benar bersih dan tidak cedera oleh hal-hal yang dapat merusak tatanan demokrasi,” ujarnya.

Sementara itu Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Setda Pandeglang, Ramadani tidak mempersoalkan larangan Bawaslu soal mutasi pejabat menjelang Pilkada. Ia menyatakan larangan tersebut tentu ada aturannya.

“Kalau kita tidak masalah , kalau memang sudah ada aturannya untuk itu. Kita harus taati itu, itu kan sebelum pemungutan suara pada Pilkada, pasti kita taati dong,” ujarnya. (Ade Taufik)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here