Sabtu, 22 September 2018

Bawaslu Ingin 4 Hal Ini Tak Terjadi di Masa Tenang Pilkada Serentak Di Banten

SERANG, (KB).- Memasuki masa tenang Pilkada serentak di empat kabupaten dan kota se-Provinsi Banten tanggal 24-26 Juni 2018, Bawaslu Provinsi Banten bersama dengan Panwas Kabupaten/Kota kembali menertibkan alat peraga kampanye. Penertiban tersebut dimulai sejak Sabtu (23/6/2018) malam Minggu. Penertiban melibatkan pihak terkait, seperti Satpol PP dan unsur kepolisian.

“Bawaslu ingin memastikan bahwa masa tenang ini benar-benar steril dari aktivitas kampanye dan APK. Untuk itu, seluruh tim pengawasan dari tingkat kabupaten/kota hingga ke bawah bersama-sama memantau dan menertibkan semua tempat. Hal itu untuk menjaga kondusivitas dan ketenangan warga,” ujar Ketua Bawaslu Didih M Sudi kepada kabar-banten.com.

Dikatakannya, Bawaslu memastikan empat hal tidak terjadi di masa tenang. Pertama, tidak ada aktivitas kampanye dalam bentuk apapun. Kedua, mengawasi praktik politik uang untuk mempengaruhi pemilih. Ketiga, mengawasi ujaran kebencian antar pendukung sehingga bisa memicu konflik horisontal. Keempat, menurunkan semua alat peraga kampanye.

“Untuk memastikan empat hal tersebut, Bawaslu patroli pengawasan dengan melibatkan semua elemen personel pengawas sampai tingkat TPS. Bawaslu juga meningkatkan pengawasan di sekitar TPS yang dianggap rawan,” terangnya.

Di tempat terpisah, anggota Bawaslu Ali Faisal menegaskan, selain dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki Bawaslu, mengharapkan juga partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan di hari tenang sampai pada saat hari pemungutan dan penghitungan suara. Bawaslu, kata dia, meyakinkan bahwa siapapun yang melakukan pelanggaran akan ditindak sesuai aturan.

Dikemukakan, menjelang pelaksanaan Pilkada tanggal 27 Juni, Bawaslu telah mengumumkan pengawas TPS berjumlah 10.467 orang. Jumlah tersebut meliputi Kota Serang 966, Kota Tangerang 3.091, Kab. Tangerang 4.513, dan Kabupaten Lebak 1.897 pengawas TPS. (KO)*


Sekilas Info

Pileg 2019, Dimyati dan Dua Anaknya Bersaing di Dapil Banten I

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *