Bawaslu Banten Buka Pelatihan Komik Strip

Samani, Komisioner Bawaslu Provinsi Banten.*

SERANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Banten membuka pelatihan pembuatan komik strip bagi warga Banten. Pelatihan tersebut, bagian dari kegiatan sosialisasi untuk menumbuhkan partisipasi kreatif dalam pengawasan pemilu.

Diketahui, komik strip merupakan sebuah gambar atau rangkaian gambar yang berisi cerita. Komik strip sudah banyak diterbitkan di Indonesia.

Anggota Bawaslu Banten Sam’ani menuturkan, pelatihan pembuatan komik strip dibuka gratis bagi seluruh masyarakat Banten.

“Pelatihan ini menyasar tiga segmen, yaitu pelajar, mahasiswa, dan umum. Peserta akan diberikan pelatihan strip komik dan nantinya mereka akan diberi tugas membuat strip komik dengan tema pemilu dan pengawasan pemilu. Seluruh peserta kami harapkan menjadi duta kreatif Bawaslu Banten,” katanya, Selasa (12/3/2019).

Karya para peserta nantinya akan dikompilasi dan menjadi bahan untuk pendidikan politik pada masyarakat. “Ini bagian dari kegiatan sosialisasi dalam format yang lebih funs dan diharapkan bisa menumbuhkan partisipasi kreatif dalam pengawasan pemilu,” ujarnya.

Pendaftaran pelatihan tersebut, dibuka sejak Kamis hingga Sabtu (7-16/3/2019). Pelaksanaan pelatihan berlangsung pada Sabtu hingga Ahad (30-31/3/2019). “Form pendaftaran bisa diakses melalui website Bawaslu Banten,” ucapnya.

Form tersebut kemudian diserahkan ke Sekretariat Bawaslu Banten di Kota Serang atau bisa menghubungi Humas Bawaslu Banten. “Syarat pendaftaran sendiri isian form pendaftaran dan menyertakan contoh karya ilustrasi atau gambar karya sendiri,” tuturnya.

Sebagai pelatih, kata dia, Bawaslu akan menghadirkan Ozzy Esha. Ia adalah freelancer juga ilustrator beberapa buku cerita dan bergambar. Masyarakat yang tertarik mengikuti pelatihan diharapkan segera mendaftar, agar tidak ketinggalan waktu. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here