Batu Cidaresi Kalender Waktu Bertani

Batu Cidaresi Kalender Waktu Bertani

Batu Cidaresi terletak di Kampung Cidaresi, Desa Palanyar, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang. Di bagian batu itu terdapat goresan-goresan pada sisi batu yang berbentuk segitiga dengan goresan lain berbentuk lubang di tengah. Goresan ini dianggap menyerupai alat kelamin wanita.

Direktur Banten Heritage, Dadan Sujana mengatakan, goresan tersebut dibuat oleh manusia zaman dahulu. Hingga saat ini belum dapat dipastikan maksud dari goresan itu, namun dari tanda yang ada, diperkirakan goresan tersebut sebagai kalender manusia zaman dahulu untuk menentukan waktu bertani.

“Kapan waktu yang cocok dan tidak untuk bertani, meskipun (goresan disebut sebagai kalender untuk bertani) itu baru hipotesa. Karena belum ditentukan maksudnya apa, tapi tanda-tanda yang ada mengarah ke sana sudah ada,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (9/6/2017).

batu peninggalan lain

Meski memiliki goresan yang mirip dengan kelamin wanita, namun belum ditemukan pula bukti bahwa pembuatan goresan tersebut mengarah kepada kewanitaan. “Kalau dikaitan dengan alat kelamin wanita tidak ada hubungannya,” ujarnya.

Selain batu bergores, di area ini juga terdapat batu peninggalan lain, yaitu Batu Ranjang, Batu Orok, dan Batu Segitiga. Batu-batu tersebut membentuk kompleks yang menunjukkan bahwa di tempat itu pernah ada kehidupan manusia. “Batu membentuk kompleks lengkap, di batu segitiga terdapat telapak tangan,” ujarnya.

Meski terdapat teka teki dibalik goresan batu, namun batu ini menjadi kekayaan cagar budaya bagi masyarakat sekitar. “Kalau tanda-tanda disebut alat kelamin wanita itu oleh warga sekitar,” tuturnya. (Sutisna/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here