Baru 70% Jalan Kota Serang Mulus

SERANG, (KB).- Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Serang mengklaim infrastruktur jalan di wilayahnya sudah 70 persen dalam kondisi bagus. Sementara, 30 persennya masih dalam tahap pengerjaan. “Untuk total keseluruhan 70 persen jalan di Kota Serang sudah bagus. Sisanya masih dalam tahap pembangunan dan di tahun depan juga masih akan dilanjutkan beberapa pembangunan,” kata Kepala Dinas PUPR, M Ridwan kepada Kabar Banten, Jumat (29/12/2017).

Ia mengatakan, dari sisi infrastruktur yang ada di Kota Serang, ada beberapa kewenangan pihak lain. Ada 3 jalan, yaitu jalan poros yang dikelola oleh Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Serang, jalan lingkungan dikelola pihak Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Serang dan jalan Kota Serang yang dikelola pihak Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Serang. “Itu kewenangan kota. Untuk luasnya saya agak lupa berapa yang dimiliki Kota Serang,” ujarnya.

Selain itu, ada juga jalan provinsi yang dikelola pihak Dinas PUPR Provinsi Banten dan jalan nasional yang kewewenangannya ada di Kementerian PUPR. “Kami hanya memegang 3 jalan itu saja dan perkembangan untuk saat ini relatif bagus di angka 60-70 persen. Jalan poros atau jalan penghubung juga sudah mulai bagus dari hasil-hasil program yang kami lakukan sepanjang 2017,” ucapnya.

Ia menuturkan, sisanya akan dilanjutkan pembangunan pada 2018. Salah satunya pembangunan infrastruktur jalan, yaitu untuk kondisi jalan dalam kota yang sebenarnya bagus, tetapi akan ditingkatkan. “Di antaranya untuk di dalam kota, yaitu bangun Jalan Diponegoro, Jalan Bhayangkara, Jalan Priyai, dan jalan lain. Itu sudah bagus, tapi kami ingin jalan itu mantap jadi kami tingkatkan,” tuturnya. Prinsipnya, kata dia, jalan yang bagus akan ditingkatkan menjadi kondisi mantap. Selain itu, jalan poros atau jalan utama yang menghubungkan beberapa kampung atau kelurahan, itu menjadi garapan utama di tahun depan. (TM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here