Baru 70 CASN Kabupaten Serang Lakukan Pemberkasan

Sejumlah CASN saat melakukan pemberkasan dihari pertama, Senin (14/1/2019), di Kantor BKPSDM Kabupaten Serang. *

SERANG, (KB).- Dari 370 calon aparatur sipil negara (CASN) atau calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Serang yang lulus seleksi penerimaan 2018, baru sekitar 70 CASN yang melakukan pemberkasan di hari pertama, Senin (14/1/2019). Sementara, batas akhir pemberkasan sampai Jumat (18/1/2019).

Pantauan Kabar Banten, sejumlah CASN memadati teras lantai 2 dan ruangan kepegawaian Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, mereka tampak sibuk menyiapkan berkas, bahkan karena keterbatasan tempat duduk beberapa orang rela duduk dilantai dan terlihat sibuk dengan berkas mereka.

Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Formasi pada BKPSDM Kabupaten Serang, Dede Juhana mengatakan, pada hari pertama pemberkasan sampai pukul 16.00 WIB, yang sudah masuk sekitar 70 orang, dari 370 yang lulus seleksi di 2018.

“Sisanya masih banyak yang belum selesai berkas kesehatan rohaninya. Untuk berkas kesehatan itu harus lengkap jasmani dan rohani sesuai dengan Peraturan Kepala (Perka) BKN Nomor 14 Tahun 2018. Sementara, hasil pemeriksaannya 3 sampai 4 hari, tapi mereka rata-rata tinggal menunggu hasilnya saja,” katanya kepada Kabar Banten.

Pelaksana tugas (Plt) BKPSDM Kabupaten Serang, Asep Saefudin Mustopa menuturkan, pemberkasan dimulai Senin hingga Jumat (14-18/1/2019). “Hari ini (kemarin) mulai masuk pemberkasan ke kami, sampai Jumat (18/1/2019). Mudah-mudahan segera masuk semua, ini kan tinggal dari merekanya, sudah lulus masa tidak secepatnya pemberkasan,” ujarnya.

Ia mengatakan, mereka yang tidak menyerahkan berkas yang dipersyaratkan sampai batas waktu yang sudah diberikan, maka dianggap mengundurkan diri. “Berkas ini kan sebenarnya tidak ada yang sulit, paling yang agak lama tes narkoba, tes psikologi, itu ada makan waktu seharinya lah. Kalau surat kelakuan baik KTP, KK (kartu keluarga) kan sudah ada pasti. Insya Allah tidak ada masalah lah,” ucapnya.

Setelah pemberkasan, tutur dia, pihaknya akan mengirimkan seluruh berkas tersebut ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk diverifikasi ulang sebelum kemudian dikeluarkan nomor induk pegawai (NIP). “Nanti ini (berkas) kami kirim ke BKN, nanti diverifikasi lagi oleh BKN, kalau sesuai, baru BKN mengeluarkan NIP, setelah itu baru kami keluarkan SK-nya. Selanjutnya, baru penyerahan SK CASN,” katanya.

Sementara, terkait kapan mereka mulai bekerja, ujar dia, pihaknya menunggu hasil dari BKN. “BKN juga ada target waktu kapan mereka harus mulai bekerja, kalau saya lebih cepat lebih bagus, agar ada tenaga baru, karena akan membantu,” ucapnya.

Diketahui sebelumnya, ada 370 CASN yang berhasil lulus seleksi penerimaan pada 2018. Jumlah tersebut, masih kurang dari kuota yang didapatkan oleh Pemkab Serang, yakni 422 orang. Sementara, sebanyak 52 formasi tidak terisi. (DN/YY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here