Banyak Potensi PAD Belum Tergarap

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) membahas potensi-potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena masih banyak potensi yang belum tergarap. Diharapkan pembahasan tersebut menghasilkan rumusan yang mampu meningkatkan PAD ke depan.

Sekretaris daerah (Sekda) Cilegon Sari Suryati mengatakan, pada dasarnya raihan PAD Kota Cilegon setiap tahun selalu menunjukkan tren positif. Hanya saja pihaknya belum pernah melakukan pemetaan terkait potensi PAD di Kota Cilegon. “Hasil evaluasi sementara, masih ada sejumlah potensi pendapatan yang belum terpetakan secara optimal. Persoalan lainnya adalah komitmen masing-masing OPD dalam meningkatkan PAD,” katanya, Selasa (23/1/2018).

Menurut dia, hal itu sedang dibahas pihaknya secara intensif. Pembahasan dilakukan bersama sejumlah pejabat teknis dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). “Kami membahas apa, mengapa, dan solusi apa yang harus diambil untuk peningkatan PAD,” tuturnya.

Target yang dicari pada pembahasan tersebut, yakni mengetahui potensi-potensi PAD yang dapat digarap, diluar dari objek-objek PAD saat ini.  “Contohnya terkait BPHTB kami akan bekerja sama dengan BPN terkait mekanisme yang akan dilakukan supaya potensi itu bisa terdeteksi. Bisa pula dari potensi pendapatan parkir,” ucap Sari.

Pada bagian lain, Kepala BPKAD Kota Cilegon Maman Mauludin yakin jika rencana pemetaan potensi mampu meningkatkan pendapatan daerah.  “Yang pasti kerja sama tim antara kami dan OPD lain selama ini berjalan. Kalau tidak, tentu akan menjadi persoalan kan. Buktinya pendapatan kita juga selalu baik,” ucap Maman. (AH)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here