Senin, 17 Desember 2018

Banyak Calon PPK tak Paham Tupoksi

SERANG, (KB).- Sebanyak 174 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengikuti tes wawancara di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Rabu (14/2/2018). Berdasarkan hasil sementara, masih banyak calon PPK yang tidak memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) PPK.

Komisioner KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar Surya mengatakan, tes wawancara diikuti 174 orang. Jumlah tersebut diambil masing-masing 6 orang di tiap kecamatan dari hasil seleksi tulis sebelumnya. Dari 174 orang, nantinya akan diambil 87 orang untuk menjadi PPK di tiap kecamatan.

“Berdasarkan hasil wawancara, sebagian besar calon anggota PPK masih banyak yang belum memahami tupoksi sebagai PPK. Sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, materi yang ditanyakan kepada calon PPK tersebut berkaitan tentang hal-hal berikut, kepemiluan, tugas, dan wewenang PPK apa saja, bagaimana penelitian syarat calon dukungan anggota DPD, tungsura, serta pengetahuan kewilayahan,” katanya.

Menurut dia, anggota PPK harus mengetahui hal-hal tersebut, terutama terkait kewilayahan. Semisal warga Kecamatan Bojonegara, mereka akan ditanya ada berapa desa di Bojonegara dan desa apa saja. “Kalau orang Jawilan juga gitu. Terus ada berapa kursi di DPRD,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk proses wawancara tahun ini memang berbeda dari sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya proses wawancara dilakukan di tiap dapil, namun kali ini peserta langsung datang ke kantor KPU.

Hal tersebut dilakukan, karena adanya aturan baru di mana jumlah PPK berkurang menjadi tiga orang. Oleh karena itu, dalam proses wawancara semua komisioner yang melakukannya. “Jadi, beban kerja bertambah, sementara jumlah personel dikurangi, oleh karena itu kami harus berhati-hati betul dan mencari orang yang kompeten dan memang siap bekerja dan siap tempur,” ucapnya.

Untuk hasil tes wawancara, tutur dia, nantinya akan digabungkan dengan hasil tes tertulis. Kemudian, akan diberlakukan sistem ranking. “Di ranking satu sampai enam dan tetap yang kami ambil 1, 2, 3, sedangkan 4, 5, 6 itu nunggu,” tuturnya. (DN)***


Sekilas Info

Rusak dan Invalid, Disdukcapil Kota Serang Musnahkan 2.637 KTP-El

SERANG, (KB).- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang memusnahkan 2.637 kartu tanda penduduk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *