Bantuan Tambak Garam Diperluas Jadi 35 Hektar

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mendapatkan bantuan tambak garam seluas 35 hektar dengan sistem pengelolaan tambak terintegrasi. Luasan tersebut akan dikembangkan di wilayah Serang Utara.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, penambahan luasan tambak itu akan sangat bermanfaat khususnya untuk masyarakat Pontang dan Tirtayasa.

Dirinya mengaku sempat melihat dan belajar bagaimana bertani garam rakyat di Pidie jaya Provinsi Aceh. Kabupaten Serang khususnya Pantura memiliki potensi untuk pengembangan garam tersebut. “Karena tambaknya memenuhi spesifikasi. Jadi (bantuan) dari pemerintah pusat akan sangat bermanfaat,” katanya.

Menurut dia, untuk budidaya garam masyarakat tidak perlu skill yang besar. Cukup punya kemauan di masyarakat. “Jadi bolanya ada di Pemda serang. Disana ada camat dan kepala desa, bagaimana bisa memanfaatkan program ini. Jangan sampai program ini disia siakan,” ucapnya.

Walaupun garam adalah bentuk usaha baru, namun spesifikasi Kabupaten Serang memiliki wilayah yang mendukung.

“Tinggal di masyarakat kita sendiri, keinginan kita kuat enggak kerja ulet atau tidak masyarakat. Ini PR kita bersama, saya pak kadis, camat Tanara, Pontang dan Tirtayasa. Karena biasanya masyarakat tidak mudah diajak melakukan hal baru. Kehadiran kita untuk mendampingi masyarakat,” tuturnya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here