Bantu Usaha Warga, Pemkot Tangerang Luncurkan Program EMAS

PELUNCURAN Program EMAS bagi masyarakat Kota Tangerang. Program tersebut, membantu warga yang ingin meminjam uang tanpa bunga.*

TANGERANG, (KB).- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) Kota Tangerang meluncurkan Program Ekonomi Masyarakat Sejahtera (EMAS), yakni membantu modal usaha kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman syariah tanpa bunga.

Peluncuran Program EMAS diselenggarakan oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) bekerja sama dengan Bank BJB Banten dan dihadiri Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) Kota Tangerang Teddy Bayu Putra.

“Untuk mendapatkan program ini, warga cukup membayar biaya administrasi sebesar tiga persen dengan minimal peminjaman Rp 500.000 sampai dengan Rp 2 juta dengan batas waktu 6-24 bulan,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Ia mengungkapkan, Program EMAS, adalah komitmen Pemkot Tangerang untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Kami akan meningkatkan dan menjalankan program peminjaman tanpa bunga kepada masyarakat Kota Tangerang, sehingga kesejahteraan terwujud dengan maksimal dan tepat sasaran,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia berharap, Program EMAS digunakan untuk masyarakat yang baru memulai usaha atau yang sudah mempunyai usaha baik dari mikro yang nantinya bisa berkembang ke kecil lalu menengah.

“Mudah-mudahan masyarakat Kota Tangerang menjadi masyarakat sejahtera dan program ini bisa dirasakan manfaatnya dan niatkan usaha kami ini sebagai ibadah serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar,” ucapnya.
Orang nomor satu di Kota Tangerang tersebut, juga mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Program EMAS, terutama Bank BJB yang telah mengembangkan CSR di Kota Tangerang dengan memberikan pinjaman modal dana usaha syariah (tanpa bunga) sebesar Rp 5 miliar untuk masyarakat Kota Tangerang yang berkolaborasi dengan Dinas Koperasi & UKM Kota Tangerang, MUI, HIK, dan KNKS.
Lebih jauh, Kepala Dinas Koperasi & UKM Kota Tangerang Teddy Bayu Putra mengungkapkan, dari Program EMAS, pihaknya berharap, masyarakat semakin termotivasi dalam membangun usaha. “Ini wujud nyata kami bekerja sama dengan Bank BJB, karena sejalan dengan Program EMAS, di mana ingin memajukan, meningkatkan, dan mengembangkan perekonomian di Indonesia khususnya di Kota Tangerang,” tuturnya.
Ketua Forum TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) Mulyanto berharap, agar tidak hanya Bank BJB saja, tetapi bisa diikuti pelaku usaha lain untuk bisa berpartisipasi membantu pelaku usaha kecil mikro di Kota Tangerang.
“Ke depan akan menggandeng BUMD Kota Tangerang dan tidak menutup kemungkinan pihak swasta juga,” katanya. (H-36)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here