Bantu Upaya Pemulihan Pariwisata, Kegiatan OPD Pemkab Serang Diarahkan ke Anyer

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengarahkan organisasi perangkat daerah (OPD) yang kegiatannya memerlukan tempat di luar kantor untuk melaksanakan di daerah Anyer-Cinangka. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memulihkan pariwisata di daerah tersebut.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Encep Bunyamin mengatakan, dari intruksi yang disampaikan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, OPD yang kegiatannya memerlukan tempat di luar kantor diminta untuk mengadakannya di wilayah wisata Anyer-Cinangka.

Sebab, dengan diadakannya rapat atau kegiatan di wilayah tersebut, dinilai akan mampu meramaikan kembali Anyer-Cinangka yang sempat terpuruk pascamusibah tsunami Selat Sunda dan gempa sebelumnya.

“Bupati sudah menyampaikn ajakan ke Anyer. Jadi, sekarang rapat-rapat sudah diarahkan lagi ke Anyer,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (25/10/2019).

Menurut dia, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melaksanakan beberapa agenda rapat di Anyer. Saat ini, kawasan wisata Anyer dinilai masih dalam masa pemulihan, sehingga perlu dilakukan berbagai kegiatan yang membantu meramaikan dan meningkatkan kembali kunjungan wisata ke kawasan pantainya.

“Malahan November ini akan ada beberapa agenda kegiatan di Anyer, karena memang Anyer harus geliat lagi,” ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, bupati juga terus mengarahkan berbagai event di Anyer. Berbagai kegiatan dilakukan untuk membangkitkan kembali kawasan wisata Anyer.

“Selain itu, ada kegiatan yang bukan rapat seperti gala dinner hingga zikir akbar. Kesimpulannya ini akan menjadi informasi ketika disampaikan dapat berkelanjutan, sehingga terbentuk opini, bahwa Anyer aman,” ucapnya.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu, Persatuan Hotel dan Restaoran Indonesia (PHRI) Banten melakukan kunjungan ke kantornya untuk membahas terkait kondisi Anyer saat ini.

Mereka meminta bekerja sama untuk dapat membangkitkan kembali kunjungan wisatawan ke wisata Anyer. Sebab, pascatsunami kemarin, kondisinya sudah tidak tertata baik dari sebelumnya. “Kemarin PHRI juga datang untuk mengajak duduk bersama,” tuturnya.

Tak hanya itu, dia mengatakan, saat ini selain membangkitkan wisata lama yang ada di Kabupaten Serang. Pihaknya juga membangun wisata-wisata baru sebagai penunjang destinasi.

“Jadi, harus seimbang, tidak hanya membangkitkan wisata lama, tapi juga terus membangun wisata baru di Kabupaten Serang,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here