Bantu Perbaikan Enam Rutilahu, Baznas Salurkan Infak ASN Pemkab Serang

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang menyerahkan dana bantuan untuk perbaikan enam rumah tidak layak huni (Rutilahu) milik enam warga di enam kecamatan di Kabupaten Serang.

Dana yang bersumber dari infak aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang tersebut, diberikan melalui pihak Kodim 0602/Serang dan Kodim Cilegon yang membantu dalam pelaksanaan perbaikan.

Ketua Baznas Kabupaten Serang Ahmad Wardi Muslich menuturkan, pihaknya telah menyalurkan dana bantuan untuk perbaikan rutilahu enam rumah warga di enam kecamatan Kabupaten Serang.

Dana yang disalurkan sebesar Rp 150 juta untuk enam warga. Masing-masing menerima Rp 25 juta untuk perbaikan rutilahu. Dana tersebut, berasal dari infak aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Kabupaten Serang melalui Baznas.

“Dana ini kemudian diperuntukkan membangun rutilahu emergency,” katanya kepada Kabar Banten, Rabu (15/7/2020).

Ia menuturkan, pembangunanrutilahu tersebut, bekerja sama dengan Kodim 0602/Serang yang juga berkoordinasi dengan Kodim Cilegon untuk membantu pelaksana pembangunannya.

“Hari ini Rabu (15/7/2020) kami menyalurkan bantuan anggaran kepada enam warga Kabupaten Serang yang rumahnya masuk dalam kategori rutilahu. Pembangunan ini juga bekerja sama dengan Kodim Serang dan Cilegon yang membantu pelaksana pembangunannya,” tuturnya.

Enam warga tersebut, ucap dia, yakni Heriansyah warga Kampung Cimasuk Umbul, Desa Cikande Permai, Kecamatan Cikande, lalu Jahrani warga Kampung Periuk, Desa Singamerta, Kecamatan Ciruas.

Kemudian, Samlawi warga Kampung Nagrek, Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan, selanjutnya Asmenah warga Kampung Asem, Desa Binong, Kecamatan Pamarayan, lalu Amnah warga Kampung Babakan, Desa Sindang Mandi, Kecamatan Anyer dan Yumnah warga Kampung Kadu Rokoh, Desa Sukabares/Panyaungan Jaya, Kecamatan Ciomas.

“Enam warga itu sudah diverifikasi sebelumnya oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang,” katanya.

Dari enam warga tersebut, ujar dia, salah satu warga dari Kecamatan Anyer yang sebelumnya sempat ramai diberitakan dan langsung masuk dalam pembangunan rutilahu tersebut. Dari berita yang beredar diberitakan rumah warga tersebut nyaris ambruk.

“Jadi, langsung kami tangani dengan cepat,” ucapnya. (Tresna Mulyanawati)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here