Bantu Pemulihan Ekonomi Penyintas Tsunami, Salimah Salurkan Perahu dan Jaring Ikan

Pengurus Persaudaraan Muslimah (Salimah) menyalurkan bantuan perahu katingting dan alat jaring ikan kepada nelayan korban tsunami Selat Sunda di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Sabtu (14/12/2019).*

PANDEGLANG, (KB).- Sebagai langkah membantu pemulihan ekonomi masyarakat pasca-bencana yang terjadi tahun lalu, Persaudaraan Muslimah (Salimah) menyalurkan bantuan berupa perahu katingting dan alat jaring ikan kepada nelayan korban tsunami Selat Sunda di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Sabtu (14/12/2019). Penyerahan bantuan dilakukan Ketua Umum PP Salimah Hj Siti Faizah didampingi Ketua PW Salimah Banten Tini Rachmawati.

Pengurus PW Salimah Banten, Anis Masyruroh menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program yang dilakukan Salimah di bidang Pos Penanggulangan Musibah dan Bencana. “Kami, Salimah memberikan perahu untuk penyintas bencana tsunami. Ini sebagai bentuk pemulihan ekonomi pasca-bencana tsunami di Sumur, Pandeglang. Karena setelah bencana itu, roda perekonomian mereka berhenti,” katanya.

Menurut dia, Salimah menyerahkan bantuan perahu saat ini hanya sebanyak satu buah perahu katinting saja. Dengan  adanya perahu ini, kata dia, diharapkan kedepan ada tambahan perahu perahu yang lain, karena pada saat penyerahan perahu ini bahwa terdapat komitmen bagi penerima manfaat bantuan tersebut agar dapat menyisihkan hasil pendapatannya, untuk ditabung guna membeli perahu lainnya.

“Sementara ini baru satu yang kami berikan. Harapannya memang dari satu perahu itu nanti akan ada penambahan. Karena hasil dari perahu yang digunakan itu akan ada perjanjian supaya disisihkan sebagian, untuk membeli perahu lainnya,” katanya.

Untuk pengelolaan sendiri, ucap dia, hal tersebut diserahkan kepada kelompok nelayan. Karena, status perahu yang diberikan adalah wakaf. “Perahu tersebut kami serahkan kepada kelompok nelayan yang memang ada di sana. Jadi, mereka yang akan melakukan pengelolaan atas perahu bantuan dari Salimah ini,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan alat produksi ini, kata dia, pihaknya berharap masyarakat penyintas bencana dapat kembali bangkit dari segi perekonomian. Selain itu juga akan menggelar program pemberdayaan perempuan. “Nanti kami juga akan melakukan pendampingan rutin terkait program pemberdayaan perempuan,” ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here