Bantu Korban Banjir di Kecamatan Kibin, Baznas Banten Lakukan Penangganan dan Pelayanan Distribusi Logistik

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Provinsi Banten, H. Moh. Suhri Utsman menyerahkan bantuan saat berkunjung dan meninjau langsung kegiatan Tim BTB dan keberadaan masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Selasa (11/2/2020).*

SERANG, (KB).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten melalui Tim Tanggap Bencana Baznas (BTB) Provinsi Banten dengan sigap dan cepat merespon penanganan dan pelayanan pendistribusian bantuan logistik bagi korban terdampak banjir di sejumlah daerah di Kecamatan Kibin Kabupaten Serang, Selasa (11/2/2020).

Sebagai lembaga sosial pelayan umat, Baznas Banten melalui Tim BTB hadir dengan melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sejumlah tempat tinggal (rumah) warga dan juga mendirikan dapur umum untuk membantu menyediakan makanan selama kurang lebih satu minggu serta memberikan recovery pemulihan pasca bencana bagi masyarakat yang terdampak banjir.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Provinsi Banten, H. Moh. Suhri Utsman berkunjung dan meninjau langsung kegiatan Tim BTB dan keberadaan masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Selasa (11/2/2020).

Dalam kunjungan tersebut H. Moh. Suhri Utsman menyampaikan bahwa dengan segala keterbatasan fasilitas perlengkapan dalam kegiatan di lapangan seperti halnya keterbatasan mobilisasi dan lain-lain, jadi tantangan Tim BTB.

“Ini menjadi perhatian kita bersama. Namun, dengan keterbatasan, Tim BTB tetap berusaha menjalankan tugas sekuat tenaga dan semaksimal mungkin agar masyarakat bisa terbantu,” ujar Suhri.

Tim BTB membantu membersihkan salah satu fasilitas di Kecamatan Kibin yang terendam banjir.*

Pihaknya berharap, ke depan BTB punya fasilitas lengkap supaya bisa lebih maksimal dalam melayani kebutuhan masyarakat khususnya yang terkena musibah banjir dan bencana alam lainnya di wilayah Banten.

Ia mengatakan, salah satu upaya dan langkah yang dilakukan Baznas Banten disamping membuka dapur umum dan bersih-bersih rumah warga, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan stakeholder agar tercipta sinergitas dalam optimalisasi penanganan dan pelayanan bagi korban terdampak banjir tersebut.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Banten untuk bisa berpartisipasi dan berkontribusi dalam penanganan banjir di berbagai wilayah Banten khususnya di daerah Kecamatan Kibin Kabupaten Serang. Kepada para korban agar selalu bersabar menjalani cobaan dan tidak panik serta berbaik sangka bahwa bencana ini adalah bencana alam yang pada hakikatnya dari Allah SWT,” ujar Suhri.

Ia menjelaskan, bahwa Baznas Tanggap Bencana (BTB) merupakan unit kerja dari bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas. BTB bertugas mengurangi dampak bencana yang mengakibatkan kemiskinan dan menekan risiko keterparahan kemiskinan akibat bencana.

“Kecepatan dalam merespon kejadian bencana adalah kunci utama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para korban bencana. Untuk mendukung upaya tersebut BTB didukung oleh tim yang handal dengan sebutan TIREK (Tim Reaksi Kilat),” pungkas Suhri. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here