Bantu Amankan Aksi Demontrasi, 500 Banser Dikirim ke Jakarta

SUASANA kegiatan siar kebangsaan dan buka bersama yang dilakukan PW GP Ansor Banten di Sekretariat PW NU Banten, Kota Serang, Selasa (21/5/2019).*

SERANG, (KB).- Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Banten mengirim 500 banser ke Jakarta, Selasa (21/5/2019) malam, untuk membantu mengamankan aksi demontrasi, di KPU RI, Rabu (22/5/2019).

Mereka akan berkumpul di Sekretariat Pengurus Pusat (PP) GP Ansor dan siap terlibat dalam pengamanan aksi demonstrasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Ketua PW GP Ansor Banten Ahmad Nuri menuturkan, people power yang mengusung gerakan rakyat untuk menggugat hasil Pemilu serentak 2019 dianggap tidak tepat. Alih-alih melahirkan solusi, ia khawatir gerakan ini malah menimbulkan dampak negatif.

“Ansor mengimbau masyarakat untuk menghentikan proses yang mendistruksi kebangsaan dan ukhuwuah,” katanya di sela-sela kegiatan siar kebangsaan dan buka bersama yang dilakukan PW GP Ansor Banten di Sekretariat PW NU Banten, Kota Serang, Selasa (21/5/2019).

Kedaulatan rakyat sudah terlaksana melalui pemungutan suara Pemilu serentak pada 17 April 2019. Pihak yang tidak puas terhadap hasil pemilu, menurut dia, dapat mengajukan gugatan kepada lembaga yang berwenang menangangi sengketa pemilu.

Menurutnya, Banser Ansor di Banten siap terlibat menjaga kondusivitas jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Malam ini, Selasa (21/5/2019) kami mengirim 500 Banser ke kantor pusat, mereka bisa ikut menjaga stabilitas, apabila dibutuhkan kami siap,” ujarnya.

Penerjunan banser ke Jakarta merupakan wujud konsistensi Ansor Banser dalam menjaga kebangsaan. “Reproduksi kepemimpinan harus kita terima. Kalau ada yang enggak pas silakan ke lembaga yang berwenang,” ujarnya.

Namun demikian, ia meyakini proses demokrasi yang sudah hampir selesai ini akan tetap melahirkan kedamaian. “Mari kita tingkatkan ukuwah, perbedaan dalam politik adalah biasa, sekarang kita menyongsong kebersamaan. Ke depan kita jaga ketentraman di Banten. Mohon kepada ulama berdoa,” ujarnya.

Kabag Duk Ops Binda Banten Kombes Pol. Sudaryanto menuturkan, Indonesia telah memiliki perangkat lembaga yang diberikan kewenangan menangani persoalan pemilu, mulai dari KPU, Bawaslu sampai DKPP.

“Dengan hadirnya beberapa lembaga tersebut, maka diharapkan penyelenggaraan pemilu dapat berlangsung jujur dan adil dengan transparansi untuk menekan berbagai kecurangan. Jika ada pihak yang tidak puas dengan keputusan para penyelenggara, maka pihak tersebut dapat membawa persoalan secara konstitusi kepada pihak Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menyelesaikan sengketa yang dihadapinya,” ucapnya saat sambutan pada acara tersebut.

Jaga kedamaian

Dari Kabupaten Serang, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa meminta warga Kabupaten Serang untuk tetap menjaga kedamaian usai Pemilihan umum (Pemilu) 2019. Salah satunya terkait penetapan Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Setelah penetapan ini diharapkan semua warga bisa tetap menjaga kerukunan dan kedamaian, khususnya warga Kabupaten Serang,” kata Pandji kepada wartawan, Selasa (21/5/2019).

Dia menjelaskan, maraknya isu-isu yang ada saat ini dikhawatirkan dapat memecah belah persaudaraan. Sehingga ia meminta warga agar tetap tenang dan tidak terprovokasi atas berita-berita yang belum terbukti kebenarannya atau adanya isu-isu yang banyak beredar.

Apalagi, adanya aksi besar-besaran yang dilakukan di Jakarta usai penetapan presiden. “Warga di masing-masing wilayah agar tetap menjaga daerahnya tetap tenang, agar tidak terpengaruh isu yang tidak benar,” ucapnya.

Selain itu, dia mengatakan, warga juga tidak cepat terpengaruh oleh pihak luar. Kondisi yang terjadi saat ini, akan banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang tidak menginginkan kedamaian. Sehingga warga perlu lebih mengerti pada kondisi yang ada saat ini.

“Agar tidak terpengaruh pihak luar, warga kabupaten itu mencintai silaturahim dan kedamaian,” ucapnya.

Dia menjelaskan, siapa pun yang telah ditetapkan KPU sebagai Presiden dan Wakil Presiden harus tetap diterima oleh semua pihak. Calon yang terpilih tersebut dinilai sudah menjadi duta terbaik untuk bangsa. Tidak hanya itu, kedua calon pun sebenarnya adalah kandidat terbaik untuk bangsa ini.

“Siapa pun yang terpilih itu adalah duta terbaik bangsa kita. Sama-sama bagus, setelah pemilihan selesai semua harus bersatu,” katanya. (SN/TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here