Banten Tuan Rumah Pra-PON Softball

TANGERANG, (KB).- Banten terpilih untuk menjadi penyelenggara atau tuan rumah pelaksanaan Prakualifikasi PON, untuk cabang olah raga softball. Lokasi yang terpilih untuk menyelenggarakan event tersebut, yakni di Kawasan Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Keputusan tersebut, dikemukakan Ketua PB Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Andika Monoarfa, saat melakukan kunjungan bersama Bupati Tangerang A Zaki Iskandar ke Lapangan Softball Kabupaten Tangerang, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, Andika menyatakan, menunjuk Banten sebagai tuan rumah Pra-PON cabor softball, karena besarnya dukungan Pemkab Tangerang pada olah raga softball.

“Setelah punya satu lapangan softball, pak bupati menjanjikan membangun satu lapangan lagi. Ini bagi saya sangat konstruktif sekali buat perkembangan softball di Banten dan Indonesia, makanya sangat tepat jika Pra-PON kami gelar di sini,” katanya.

Sebelumnya dikemukakan Andika, Pra-PON nomor softball, Ahad (7/7/2019 nanti akan dilangsungkan di Lapangan Softbal Senayan Jakarta. Namun, melihat apa yang dilakukan Pemkab Tangerang, Andika memutuskan memindahkan pelaksanaan Softball ke Banten.

Lebih jauh dikemukakan Andika sebelumnya Banten juga ditunjuk oleh PB Perbasasi untuk menggelar Kejurnas Junior pada Oktober nanti. Oleh karena itu, dia menilai Banten siap untuk menggelar Pra-PON nomor softball.

Sementara itu, Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengungkapkan, akan memaksimalkan waktu yang ada untuk menyiapkan satu lapangan softball lagi untuk Pra-PON. “Kami sudah siap untuk memulai membangun lapangan softball yang nantinya digunakan untuk pertandingan tim putri,” ujarnya.

Ia menambahkan, terpilihnya Banten menjadi tuan rumah diharapkan ke depan membuat perkembangan olah raga softball Banten lebih bagus lagi prestasinya. Untuk itu, dia meminta ke depan Pengprov Perbasasi Banten bisa menggelar kejuaraan-kejuaraan baik tingkat Banten maupun nasional di Sport Center.

“Karena prestasi olah raga akan tumbuh jika ada kompetisi yang digelar secara berjenjang dan berkesinambungan,” ucapnya.

Permintaan Zaki diamini Ketua Pengprov Perbasasi Banten dr Zaenal Muttaqien yang menyatakan, selain Kejurnas Junior, pihaknya juga akan menggelar kejuaraan-kejuaraan untuk bisa meningkatkan prestasi olah raga softball dan baseball Banten. Diakuinya dengan ada dua fasilitas yang dimiliki Kabupaten Tangerang akan memudahkan kegiatan pembinaan.

“Penunjukan ini kehormatan buat kami selaku pembina olah raga softball dan baseball di Banten dan kami siap melaksanakannya, karena didukung penuh oleh pemerintah daerah dalam hal ini, Pemkab Tangerang. Dengan pelaksanaan Pra-PON di sini, saya optimistis, akan membuat perkembangan olah raga ini semakin baik,” tuturnya. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here