Sabtu, 15 Desember 2018

Banten Tuan Rumah Pra-PON Basket

SERANG, (KB).- Pelaksanaan babak prakualifikasi Pekan Olah raga Nasional (Pra-PON) 2019 cabang olahraga basket dipastikan diselenggarakan di Provinsi Banten tepatnya di Kabupaten Tangerang. Kepastian tersebut setelah PB Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) pra PON 2019 di Gading Serpong, Tangerang belum lama ini.

“Hasil rakernas di Gading Serpong tanggal 25 sampai 26 November 2018 kemarin, telah memutuskan kami (Banten) jadi tuan rumah untuk cabang olah raga (cabor) basket,” ujar Wakil Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbasi Banten, Eka Dwi Sapta, Rabu (5/12/2018).

Ia optimistis dengan terpilihnya Banten menjadi tuan rumah pra PON, membuat pebasket Banten dapat berlaga di PON Papua 2020. Menjadi tuan rumah dapat menjadi tambahan suntikan semangat bertanding. “Kami optimistis dapat lolos PON, kami tuan rumah,” kata Eka.

Selain karena faktor tuan rumah, kata dia, hal lain yang menjadi optimistis Perbasi Banten ialah pembagian grup pra PON yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada 2019 nanti dilaksanakan sistem undian, sehingga Banten tidak dipastikan bertemu kompetitor kuat dari Pulau Jawa.

“Di pra PON Jawa Barat kami satu pool dengan Jawa, persaingannya terlalu berat. Tahun depan sistemnya berubah (undian),” ucap Eka.

Ia menjelaskan, agenda Pengprov Perbasi Banten dalam waktu dekat ini adalah membentuk tim kepanitiaan menghadapi pra PON, kemudian seleksi atlet. Pebasket yang menjadi juara Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) VI Banten 2018 tidak otomatis menjadi delegasi Banten di pra PON. Sebab ada seleksi oleh tim Pengprov Perbasi Banten. “Ada seleksi lagi,” ucap Eka.

Ia akan mengumpulkan semua atlet basket berbakat Banten untuk seleksi pra PON. Semua atlet bertalenta dalam mengikuti ajang seleksi yang diadakan Pengprov Perbasi Banten. “Nanti dibikin seleksi terbuka untuk Banten,” kata Eka.

Ia berharap, di pra PON 2019 atlet Banten dapat lolos ke PON Papua 2020, menorehkan prestasi di sana. Selama keikutsertaan di PON, atlet Banten belum pernah meraih medali emas. “Kami berharap tim putra dan putri lolos dua-duanya di PON Papua,” tutur Eka. (FI)*


Sekilas Info

Jelang Kejurnas Taekwondo, TI Banten Sentralisasi Atlet

SERANG, (KB).- Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Banten menggelar sentralisasi atlet selama dua pekan, di Gedung Graha …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *